Mengejutkan! Ini 5 Kota Tertua di Indonesia, Semuanya Sudah Berusia 1.000 Tahun

Mengejutkan! Ini 5 Kota Tertua di Indonesia, Semuanya Sudah Berusia 1.000 Tahun

--by Gramedia.com

Kota Malang menjadi kota tertua ketiga di Indonesia. Malang sudah ada sejak satu margasira 682 Saka atau 28 November 760 masehi dan sekarang akan memasuki usia 1.263 tahun.

Kota Malang didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan. Letak Kota Malang yang berada di dataran tinggi, membuat Kota Malang memiliki udara yang sejuk. 

Penamaan Kota Malang berasal dari kata bahasa Jawa, yaitu "malang" yang artinya menghalang-halangi. 

Pada saat itu, warga di suatu daerah menghalang-halangi pasukan Kerajaan Mataram yang akan masuk ke daerah tersebut. Karena peristiwa itu, daerah tersebut diberi nama Malang. 

BACA JUGA:Lucu Banget! Ini 10 Nama Desa Unik di Indonesia, Nomor 1 Bikin Merinding

4. Kediri

Kota Kediri menjadi kota tertua keempat di Indonesia. Kediri sudah ada sejak tahun 801 Saka atau 27 Juli 879 masehi dan akan memasuki usia 1.144 tahun. Penamaan Kota Kediri berasal dari kata “diri” yang artinya Ajeg, Angdhiri (menghadiri atau menjadi raja).

Kota Kediri terkenal dengan situs kuno kerajaan yang masih banyak ditemukan reruntuhan kuno dan candi sejak era Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Kediri berdiri. 

5. Kota Magelang

Kota Magelang dilahirkan pada 11 April 907 dan sudah akan memasuki usia 1.116 tahun. Penamaan Magelang diambil dari kata “temu gelang” yang artinya rapat membentuk lingkaran. 

Kata "temu gelang"  ini muncul dari kisah dikepungnya Kyai Sepanjang oleh prajurit Kerajaan Mataram.

Demikian, informasi mengenai 5 kota tertua di Indonesia. Ternyata kota-kota di Indonesia ada yang sudah berumur ribuan tahun. Semoga bermanfaat.***

Sumber: youtube.com/agra media