Pengertian dan Sejarah Munculnya Istilah Cepek, Gopek, Goceng, Ceban, Gocap, dan Sejenisnya

Pengertian dan Sejarah Munculnya Istilah Cepek, Gopek, Goceng, Ceban, Gocap, dan Sejenisnya

Pengertian dan sejarah istilah cepek, gopek, goceng, ceban, gocap, dan sejenisnya-Pixabay-

DENPASAR, radartegal.disway.id – Penting untuk tahu, inilah pengertian dan sejarah munculnya istilah cepek, gopek, goceng, ceban, gocap, dan sejenisnya dalam dunia transaksi jual beli. Istilah ini kini sudah populer di kalangan masyarakat, termasuk kaula muda.

Pengertian dari istilah cepek, gopek, goceng, ceban, gocap, dan sejenisnya dalam pedagang Tionghoa ini memang terbilang ringkas dan terkesan kekinian saat ini. Namun, tidak semua bisa mengerti dengan nominal dari istilah yang disebutkan itu.

Berikut ini pengertian dan sejarah dari munculnya istilah cepek, gopek, goceng, ceban, gocap, dan sejenisnya dalam dunia jual beli, khususnya di pasar tradisional. Yuk simak agar nanti tidak mudah ditipu oleh pedagang setempat.

Sejarah istilah cepek, gopek, goceng, ceban, gocap

Berdasarkan dari laman Tionghoa.Info, istilah dari nominal uang tersebut merupakan dialek Hokkian, yaitu bahasa Banlamwe (Munnanhua) yang ada di provinsi Hokkian (Fujian), Tiongkok.

Istilah cepek, gopek, goceng, ceban, gocap, dan sejenisnya inilah yang dibawa oleh orang Tionghoa saat masuk ke Indonesia.

Sebutan ini semakin populer di kalangan masyarakat lokal, sebab mayoritas pendatang dari provinsi Fujian itu berprofesi menjadi pedagang di Indonesia.

Hal ini sudah menjadi keseharian mereka khususnya dalam transaksi jual beli menyebutkan istilah jumlah dan bilangan tersebut.

BACA JUGA : Manusia Punya 7 Kembaran? Ini Fakta Doppelganger Alias Kembar Nyata Tidak Sedarah

Istilah yang populer di beberapa daerah

Saat ini, masih ada banyak pedagang Tionghoa yang berdagang di sejumlah pasar tradisional di Indonesia. Beberapa contohnya seperti di Medan, Riau Bangka Belitung, Surabaya, Makassar, dan tidak luput juga di Jakarta.

Istilah cepek, gopek, goceng, ceban, gocap, dan sebagainya ini tidak hanya digunakan oleh orang Tionghoa, namun juga oleh masyarakat umum.

Bahkan, istilah ini juga sering digunakan oleh kalangan muda ketika berbelanja atau mengobrol dengan temannya, karena terasa lebih ringkas dan kekinian.

Misalnya di Jakarta, istilah gaya berhitung dan nominal ala orang Tionghoa ini lebih populer. Maka dari itu, penting halnya jika orang di luar Jakarta dan sekitarnya untuk memahami istilah berhitung pedagang Tionghoa satu ini.

Hal ini bertujuan agar nantinya ketika berbelanja khususnya di pasar tradisional, tidak mudah ditipu oleh pedagang setempat karena bingung apa arti dari istilah cepek, gopek, goceng, ceban, gocap, dan sejenisnya.

Istilah uang dari bahasa mandarin dialek Hokkien

Meskipun populer di kalangan masyarakat saat ini, tidak semua orang benar-benar paham tentang istilah pedagang Tionghoa ini.

Hanya ada beberapa yang sering digunakan, seperti Gocap (50), Cepek (100), Gopek (500), Seceng (1000), Ceban (10 ribu), Goban (50 ribu), Cepek Ceng (100 ribu), Gopek Ceng (500 ribu), dan Cetiau (1 juta).

Untuk lebih memahami istilah perhitungan ala Tionghoa ini, berikut pengertian dan penjabaran hitung-hitungannya :

A) Untuk satuan :

1 = It

2 = Ji atau No (untuk bilangan ratusan ke atas)

3 = Sa

4 = Si

5 = Go

6 = Lak

7 = Cit

8 = Pek

9 = Kau

B) Untuk belasan :

10 = Cap

11 = Cap It

12 = Cap Ji

13 = Cap Sa

14 = Cap Si

15 = Cap Go

16 = Cap Lak

17 = Cap Cit

18 = Cap Pek

19 = Cap Kau

BACA JUGA : 11 Weton yang Dikaitkan dengan Tulang Wangi: Arti, Ciri, dan Makna yang Terkait dengan Makhluk Gaib

C) Untuk puluhan :

20 = Ji Cap

30 = Sa Cap

40 = Si Cap

50 = Go Cap

60 = Lak Cap

70 = Cit Cap

80 = Pek Cap

90 = Kau Cap

D) Untuk ratusan :

100 = Ce Pek

200 = No Pek

300 = Sa Pek

400 = Si Pek

500 = Go Pek

600 = Lak Pek

700 = Cit Pek

800 = Pek Pa Tun

900 = Kau Pek

BACA JUGA : 7 Keunikan Nama Kota di Dunia yang Menarik Perhatian Publik, Nomor Dua Sulit Diucapkan!

E) Untuk ribuan :

1000 = Seceng

2000 = No Ceng

3000 = Sa Ceng

4000 = Si Ceng

5000 = Go Ceng

6000 = Lak Ceng

7000 = Cit Ceng

8000 = Pek Ceng

9000 = Kau Ceng

10000 = Ce ban

Itulah pengertian dan sejarah dari istilah cepek, goceng, ceban, gocap, dan gopek yang populer di transaksi jual beli. Jangan sampai bingung lagi ya dengan nominal-nominal ini. (*)

Sumber: