Tak Sampai 800 Ratus Ribu Jiwa, 5 Kabupaten Ini Jadi yang Tersepi di Provinsi Jawa Timur

Tak Sampai 800 Ratus Ribu Jiwa, 5 Kabupaten Ini Jadi yang Tersepi di Provinsi Jawa Timur

5 Kabupaten Tersepi di Jawa Timur-Awan TV-https://youtu.be/X_u6YIdSS5Q

Tegal, radartegal.disway.id -Bahas 5 Kabupaten tersepi di Provinsi Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur pulau Jawa, Indonesia. Ibukotanya berletak di Kota Surabaya dan memiliki luas wilayah mencapai 48.037 m2.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2020 jumlah penduduk di Jawa Timur mencapai 40,67 Juta jiwa. Laju pertumbuhan penduduk di tahun itu mencapai angka 0,79 persen dan meningkat setiap tahunnya.

Jawa Timur berbatasan langsung dengan Laut Jawa sebelah Utara, Selat Bali di sebelah timur, Samudra Hindia di sebelah selatan, dan berbatasan di Provinsi Jawa Tengah di sebelah barat.

Namun tahukah kamu, dari sekian banyak jumlah kabupaten yang ada di Jawa Timur, ada loh kabupaten tersepi di provinsi itu, yang bahkan ada yang penduduknya tak sampai 800 ratus ribu Jiwa.

BACA JUGA:Memiliki 1 Juta Lebih Penduduk, Berikut Ini 10 Kabupaten Terluas di Jawa Tengah

Menurut informasi dari kanal YouTube AwanTv, setidaknya ada 5 kabupaten paling sepi di Jawa Timur yang akan kami bahas di bawah ini:

5 Kabupaten Tersepi di Jawa Timur

5. Kabupaten Madiun

Kabupaten Madiun adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur. Ibukotanya adalah Mejayan. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 3 tahun 2019, sebagian gedung-gedung pemerintahan sudah berada di wilayah Mejayan yang merupakan bagian dari Kecamatan Mejayan.

Kabupaten Madiun terdiri dari 15 kecamatan, 8 kelurahan, dan 198 desa. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2020, jumlah penduduknya mencapai 740,435 jiwa, dengan luas wilayah 1,011 km2. Kabupaten Madiun berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di sebelah utara, Kabupaten Nganjuk di sebelah timur, Kabupaten Ponorogo di sebelah selatan, serta Kabupaten Magetan dan Kabupaten Ngawi di sebelah barat.

4. Kabupaten Trenggalek

Kabupaten Trenggalek adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur. Pusat pemerintahannya berada di kecamatan Trenggalek, yang berjarak 180 km dari kota Surabaya.

Kabupaten Trenggalek terdiri dari14 kecamatan, 5 kelurahan, dan 152 desa. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2020, jumlah penduduknya mencapai 730,112 jiwa, dengan luas wilayah 11.261 km2.

Sumber: https://youtu.be/x_u6yidss5q