Usaha Jin Turun Temurun, Warga Kampung Jin di Majalengka, Jabar Ini Tajir Melintir Punya Mobil Minimal Satu

Usaha Jin Turun Temurun, Warga Kampung Jin di Majalengka, Jabar Ini Tajir Melintir Punya Mobil Minimal Satu

Bangunan-bangunan rumah warga di Kampung Jin Majalengka di Jawa Barat terlihat sangat mewah dan kekinian.-foto: tangkapan layar akun youtube @rizquna channel-

RADAR TEGAL - Warga Kampung jin di Kampung Sukaraos Desa Sukamukti Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, terkenal kaya-kaya bak seorang sultan. Sebagian besar di antaranya mempunyai usaha yang sama.

Mereka mayoritas memiliki usaha yang sama, yakni memproduksi konveksi berbahan dasar jeans (jin, Red). Dari usahanya itulah warga di Kampung Jin itu bisa memiliki harta berlimpah, rumah mewah, dan mobil lebih dari satu.

Rumah-rumah mewah dan mobil di Kampung Jin Majalengka tersebut didapatkan dari hasil dari usaha membuat pakaian berbahan jeans itu. Bukan sekadar mewah, bahkan bentuk bangunannya pun ada yang menyerupai pendapa bupati atau istana. 

Selain rumah mewah, di kampung tersebut banyak juga terdapat pabrik-pabrik yang merupakan tempat pembuatan pakaian berbahan jeans. Hasil produksi mereka dikirim ke Jakarta dan beberapa daerah lainnya di luar Pulau Jawa.

Punya mobil lebih dari Satu

Sebutan Kampung Jin Majalengka ini merupakan plesetkan dari sebutan jeans yang merupakan bahan utama usaha rumahan mereka. Barisan rumah mewah yang dilengkapi mobil lebih dari satu nampak terlihat di perkampungan ini.

Dari penuturan pemilik kanal Rizquna Channel, rumah-rumah mewah di kampung jin, berdiri di kiri kanan sepanjang jalan kampung. Di antara mereka, kebanyakan memiliki kendaraan lebih dari satu, tetapi jenis Grand Max type Blind Van menjadi favorit.

Memang Kampung Jin Majalengka ini merupakan sebuah kampung kaya raya di Majalengka, Jabar. Dari penuturan pemilik kanal Rizquna Channel, rumah-rumah mewah di kampung jin, berdiri di kiri kanan sepanjang jalan kampung.

Meski namanya kampung jin, tidak terbayang sebuah perkampungan dengan aura mistis atau menyeramkan. Kampung jin yang ini berbeda 180 derajat dan tidak ada kesan menyeramkan atau kepulan kemenyan di sepanjang kampung.

Satu hal yang pasti, kebanyakan warga di Kampung Jin Majalengka itu memilih mobil jenis Grand Max yang menjadi sebuah keharusan. Mobil jenis itu banyak digunakan untuk mengirim barang-barang hasil produksi mereka ke luar kota.

Kondisi kampung miliarder sekarang

Akses sepanjang jalan menuju kampung miliarder atau Kampung Jin Majalengka tersebut tidaklah lebar, hanya cukup untuk satu mobil. Jika terdapat mobil dari dua arah, rasanya akan sulit untuk berjalan lancar.

Bahkan ada beberapa gang  sempit yang cukup dilalui oleh kendaraan roda dua. Namun di gang sempit tersebut, berdiri rumah-rumah mewah layaknya sebuah istana.

Dari penuturan pemilik video, usaha konveksi di kampung tersebut, merupakan yang terbesar di Kabupaten Majalengka. “Ini asli kampung miliarder karena dari usaha mereka, bukan kampung miliarder dadakan seperti yang lain,” ucap pemilik video.

Sumber: