Membanggakan! Jalan Tol Bali Mandara Jadi Jalan Tol di Atas Laut Terpanjang

Membanggakan! Jalan Tol Bali Mandara Jadi Jalan Tol di Atas Laut Terpanjang

Jalan Tol Bali Mandara, Jadi Jalan Tol di Atas Laut Terpanjang-Daftar Top-https://youtu.be/aVjNzsRx2Sc

Tegal, radartegal.disway.id - Indonesia, sebagai negara kepulauan tidak hanya membangun jalan tol di daratan, namun juga terdapat jalan tol yang melintasi lautan. Salah satunya adalah Jalan Tol Bali Mandara, yang di gadang-gadang menjadi jalan tol yang melintasi lautan terpanjang di dunia.

Jalan Tol Mandara, merupakan proyek megah yang selesai dibangun tahun 2013 silam. Jalan tol ini membentang sepanjang 12,7 Kilometer di Provinsi Bali.

Yang menarik dari jalan tol ini adalah, 100% karya anak bangsa dan menjadi jalan tol di atas laut terpanjang. Jalan tol ini menghubungkan Benoa, Ngurah Rai, dan Nusa Dua.

Proses pembangunan jalan tol ini dimulai pada Maret tahun 2012 dan selesai pada bulan Oktober tahun 2013. Untuk membuat jalan tol lintas laut ini, menggunakan dana sebesar 2,5 Triliun Rupiah, dengan 30% dana menggunakan modal sendiri, dan 70% merupakan dana pinjaman dari 6 bank.

Tujuan Pembangunan Jalan Tol Mandara

Tujuan dibangunnya jalan tol ini adalah, untuk menekan kemacetan lalu lintas yang selama ini berpusat di Bali Selatan. Jalan ini menghubungkan Segitiga Emas antara Bandara Internasional Ngurah Rai, Pelabuhan Benoa di Kota Denpasar, dan Nusa Dua.

Funsi dari jalan tol ini, adalah sebagai pelengkap akses jaringan di Pulau Bali, mempermudah akses jalan ke pelabuhan dan kawasan wisata lainnya. Pembangunan jalan tol ini juga terkait dengan penyelenggaraan KTT APEC di Nusa Dua pada ahun 2013, yang mana Indonesia menjadi tuan rumah kala itu.

BACA JUGA:Sekali Tersinggung Auto Dapet Hadiah, Jangan Main-main Dengan 5 Suku Paling Berbahaya di Indonesia Ini

Nama "Bali Mandara" diberikan oleh Presiden SBY, yang merupakan singkatan dari "Maju Manada Mai" dan "Sejahtera Tol Bali Mandara". Jalan tol ini menjadi jalan tol terpanjang di atas laut ke lima di dunia, setelaj Jiazhou bei di Cina, Lake Ponchartrain Caueseway di Amerika, Chesapeake Bay di Amerika, dan Jalan Tol Penang di Malaysia.

Keunikan Jalan Tol Bali Mandara

Salah satu yang unik dari Jalan Tol Mandara ini adalah. adanya jalur khusus untuk pengguna sepeda motor, yang menjadikannya satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memilik fasilitas tersebut.

Selain itu pada setiap gerbangnya dilengkapi alat pengukur kecepatan angin untuk menjaga keselamatan para pengendara. Jika kecepatan angin mencapai 40 km/jam atau lebih, jalan tol akan di tutup sementara untuk menghindari resiko kecelakaan.

Adapun sistem keamanan pada jalan tol ini, yakni dengan melengkapi kamera pengawas atau CCTV 24 jam, yang funsinya untuk mengawasi kendaraan kalau-kalau ada yang mogok, pihak pengelola akan segera mengambil tindakan pertolongan. Adapun layanan derek gratis untuk memudahkan pengguna jalan tol saat keadaan darurat.

Tahap Pembangunan Jalan Tol Bali Mandara

Sumber: https://youtu.be/avjnzsrx2sc