Dihadiri 3 Menteri Pornas Korpri XVI Jateng Resmi Dibuka, Ganjar Ajak Peserta Belanja

Dihadiri 3 Menteri Pornas Korpri XVI Jateng Resmi Dibuka, Ganjar Ajak Peserta Belanja

Dihadiri 3 Menteri Pornas Korpri XVI Jateng Resmi Dibuka, Ganjar Ajak Peserta Belanja.--

SEMARANG, RADARTEGAL.COM - Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Pornas Korpri) ke XVI di Jawa Tengah resmi dibuka, Jumat 14 Juli 2023 malam. 

Diikuti 6000 atlet dan ofisial ASN, dari 101 kontingen asal 38 provinsi dan kementerian lembaga, ajang ini diharapkan mampu membawa dampak multiplier effect untuk mengungkit ekonomi dan wisata pascapandemi Covid-19. 

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,  saat membuka Pornas Korpri ke XVI di GOR Indoor, Kompleks Stadion Jatidiri, Semarang. 

Pada kesempatan itu, hadir pula MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas, Mendag Zulkifli Hasan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala LKPP Hendrar Prihadi dan Dewan pengurus korpri Zudan Arif Fakhrulloh. 

BACA JUGA:Jateng Tuan Rumah Pornas Korpri XVI 2023, Ganjar Minta Semua Kontingan Dilayani dengan Baik

Menurut Ganjar, selain menyehatkan, ajang ini juga membawa dampak ikutan yang bermanfaat bagi warga sekitar. Terutama untuk mengungkit bangkitnya roda ekonomi dan pariwisata.

Oleh karenanya, ia mewanti-wanti seluruh jajarannya di Pemprov Jateng untuk melayani dengan baik para atlet dan ofisial dari seluruh negeri. Ganjar pun mempersilakan peserta Pornas Korpri ke XVI mengadu, bila ada layanan yang tidak maksimal.

"Kalau lah ada yang kurang pas tolong ditelpon biar kami belajar layani bapak-ibu sekalian. Tugas kami sebagai tuan rumah melayani, maka kami tawarkan tempat destinasi, tempat kuliner, agar kawan-kawan yang hari ini kumpul di Kota Semarang kerasan, terhibur, kompetisi bisa menyenangkan," ujar Ganjar. 

Pria berambut putih itu juga menawarkan sejumlah destinasi wisata yang menarik di sekitar Kota Semarang. Misalnya di wilayah Solo Raya dan Magelang. 

BACA JUGA:Menginap di Rumah Warga Polokarto, Ganjar Dibilang Mirip Presiden Jokowi

"Selama di Jateng kami akan senang temani bapak-ibu ke manapun mau belanja, jadi  tolong uangnya jangan disayang-sayang, disimpan. Di sini ada kuliner, jajanan dan  wisata, kalau mau keluar dari Semarang, ada Solo Raya dan Magelang," imbuhnya.

Menpan-RB Abdullah Azwar Anas mengapresiasi Provinsi Jawa Tengah sebagai penyelenggara Pornas Korpri ke XVI. Selain ajang dengan peserta terbanyak, juga seluruh perwakilan provinsi hadir plus kementerian dan lembaga. 

"Kami mengapresiasi tinggi, ini penyelenggaraan teramai.  Jateng jadi magnet saya kira, karena tadi mampir tempat kuliner penuh dari berbagai kontingen Pornas," paparnya. 

Selaras, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu berharap ajang ini membuahkan multiplier effect. Oleh karenanya, ia sudah memerintahkan jajarannya melayani para kontingen dengan prima, hingga event ini berakhir pada 21 Juli 2023.

Sumber: