Ibu di Kota Tegal Melahirkan di Pinggir Jalan saat Hendak Naik Taksi Online, Begini Kondisi Bayinya

Ibu di Kota Tegal Melahirkan di Pinggir Jalan saat Hendak Naik Taksi Online, Begini Kondisi Bayinya

PENANGANAN - Seorang bidan memberikan penanganan kepada bayi yang dilahirkan di pinggir jalan di Kota Tegal. -TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Bagi seorang ibu, melahirkan di tempat yang nyaman tentu menjadi idaman. Lalu apa jadinya jika dia terpaksa melahirkan bayinya di pinggir jalan.

Seperti yang terjadi pada seorang ibu di Kota Tegal. Ibu muda bernama Purwati itu terpaksa melahirkan di pinggir jalan karena sudah kontraksi sebelum sampai di puskesmas.

Hal ini terjadi di tepi Jalan Abdul Ghoni Kelurahan Pesurungan Kidul Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal, Kamis, 13 Juli 2023. Awalnya dia yang sudah merasakan tanda-tanda melahirkan bermaksud hendak menuju ke puskesmas. 

Namun, takdir berkata lain. Belum sampai di tempat pelayanan kesehatan itu, dia sudah melahirkan bayinya.

Beruntung, warga bersama bidan setempat sigap memberikan pertolongan, sehingga ibu dan bayinya bisa selamat.

BACA JUGA:Puluhan Ibu Melahirkan Dilaporkan Meninggal Karena Terpapar Covid-19, Anggota Dewan Bilang Begini

Kepala Puskesmas Debong Lor dr. Destina Dyah Astuti mengatakan, kondisi ibu yang melahirkan di pinggir jalan bersama bayinya stabil. Pihaknya bersama bidan sudah memberikan penanganan di lokasi kejadian.

“Setelah penanganan di TKP, kami langsung membawa keduanya ke IGD untuk penanganan lebih lanjut,”ujarnya.

Menurut Destina, bayi yang lahir tersebut berjenis kelamin perempuan dan memiliki berat 3 kilogram dalam kondisi sehat. Sementara untuk kondisi ibunya juga stabil, sehingga proses penananganan tidak mengalami kendala.

“Selanjutnya, kita akan melakukan observasi lebih dulu antara 6-12 jam. Nanti kalau kondisinya sudah bagus semua maka yang bersangkutan bisa pulang,” terangnya.

Kejadian itu bermula saat Purwati mulai merasakan tanda-tanda hendak melahirkan. Sehingga, dia kemudian memesan taksi online untuk mengantarkannya ke puskesmas untuk persalinan.

Beberapa saat kemudian, ojol yang dia pesan telah tiba. Dia pun segera berjalan untuk menaikinya. Saat itulah, perutnya mengalami kontraksi karena akan melahirkan.

Warga yang menyaksikan kejadian itu, bergegas memberikan pertolongan dan menghubungi bidan setempat yang tiba tidak lama kemudian. Berkat pertolongan warga dan bidan tersebut, akhirnya Purwati dapat melahirkan bayinya dengan selamat meskipun di pinggir jalan.

Usai melahirkan, warga kemudian membawa Purwati dan bayinya ke puskesmas untuk mendapatkan penanganan medis.

Sumber: radartegal.com