Digelontor 197 Juta, TMMD Sengkuyung Tahap II Kabupaten Tegal Fokus Bangun Talud dan Pengerasan Jalan

Digelontor 197 Juta, TMMD Sengkuyung Tahap II Kabupaten Tegal Fokus Bangun Talud dan Pengerasan Jalan

Bupati Tegal Umi Azizah bersama Dandim 0712/ Tegal Letkol Inf Suratman SIP menandatangani berita acara program TMMD Sengkuyung tahap II.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - TMMD Sengkuyung Tahap II Kabupaten Tegal digelontor anggaran 197,2 juta, dengan fokus sasaran fisik pengerasan jalan dan bangun talud.

Secara resmi TMMD Sengkuyung Tahap II dibuka Bupati Tegal Umi Azizah di lapangan sepakbola Desa Sesepan Kecamatan Balapulang, Rabu 12 Juli 2023.

"Inilah bagian dari cara kita merawat dan mengikat kebersamaan untuk mengembangkan kekuatan, mengatasi segala bentuk persoalan yang ada di desa demi kelangsungan hidup bangsa dan negara," ujar Umi saat memimpin gelar apel pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program  pembangunan fisik dan non-fisik di tingkat desa sebagai cerminan kegotongroyongan antara TNI dengan pemda, Polri, pemdes dan masyarakat.

BACA JUGA:Ingin Lancar, Anggota DPRD Kabupaten Tegal Berharap Tahun Ini Tanpa Perkada

Khususnya untuk bahu-membahu membangun desa, memajukan desa menuju desa mandiri, sekaligus bagian dari upaya besar bangsa ini dalam menciptakan ketahanan nasional.

Umi berharap, melalui kegiatan ini ada partisipasi dari masyarakat, apakah itu dalam bentuk material, hingga sumbangsih tenaga sehingga volume fisik jalannya bisa ditambah. 

"Adanya pembangunan infrastruktur ini diharapkan mampu memperlancar aksesibilitas warga dalam beraktivitas yang jadi lebih mudah, lebih cepat. Untuk itu,saya titip pesan agar kualitasnya harus dijaga, speknya juga harus sesuai," ungkapnya. 

Dia juga meminta kepada Kades Sesepan untuk mengajak warganya berpartisipasi dan ikut menjaga serta memelihara hasil-hasil pembangunan dari pelaksanaan program TMMD ini. 

BACA JUGA:Beberapa Anggota DPRD Kabupaten Tegal Tak Hadir dalam Rapat, Raperda Tetap Disahkan

"Karena bagaimanapun, sarana infrastruktur yang berhasil dibangun tersebut adalah buah dari kerjasama sinergis dari desa yang didukung kekuatan TNI-Polri dan juga Pemerintah Kabupaten Tegal serta Provinsi Jawa Tengah," pesan Umi. 

Sementara itu Kepala Dinas Permades Kabupaten Tegal, Dessy Arifianto menyatakan, kegiatan TMMD Sengkuyung tahap II di Desa Sesepan  Kecamatan Balapulang ini terfokus pada pembangunan sarana fisik.

Yakni berupa kegiatan pembuatan talud dan pengerasan jalan telford sepanjang 208 meter.

BACA JUGA:DPRD Sentil Pemkab, Material Longsor di Jalan Muncanglarang Tegal Tak Kunjung Dibersihkan

Sumber: