HATI-HATI! Stres Dapat Picu Penyakit Tidak Menular Bagi Pekerja, Begini Penjelasannya

HATI-HATI! Stres Dapat Picu Penyakit Tidak Menular Bagi Pekerja, Begini Penjelasannya

Narasumber menyampaikan materi dalam implementasi Germas dan skrining masalah kesehatan di tempat kerja.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Stres dalam menjalankan rutinitas kerja dapat menjadi faktor pemicu terjadinya penyakit tidak menular (PTM) bagi pekerja

Hal itu terungkap saat implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan skrining masalah kesehatan di tempat kerja, Senin 10 Juli 2023 di Dedy Jaya Hotel Brebes.

Dalam kegiatan yang diikuti puluhan peserta dari seluruh OPD, organisasi masyarakat dan organisasi profesi kesehatan itu Kepala Dinas Kesehatan Brebes melalui Kabid Kesehatan Masyarakat M Mokhtar mengungkapkan, banyaknya temuan kasus PTM dalam 5 tahun terakhir ini.

Itu menjadi bukti transisi nyata epidemiologi. Khususnya, pasien berstatus pekerja yang mendominasi mengidap Penyakit Tidak Menular. Yakni, stres, depresi, kecemasan berlebih, hipertensi, diabetes, stroke hingga jantung.

BACA JUGA:Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Apa Itu Heat Stress dan Bagaimana Cara Penanganannya

"Kurangnya kesadaran menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat, bagi pekerja menjadi bom waktu jika tidak mulai merubah kebiasaan. Sebab, perilaku dan lingkungan kerja menjadi kunci skrining Germas dan PHBS," terangnya kepada Radar Tegal.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, lanjut Mokhtar, menjadi program prioritas yang digencarkan pemerintah. Fokusnya, mendongkrak upaya pemulihan derajat kesehatan masyarakat untuk menerapkan pola dan gaya hidup sehat. 

Yakni memperbaiki perilaku dengan rajin berolahraga secara rutin hingga mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Sebab, makanan sehat tidak harus mahal tapi justru mengandung banyak nutrisi.

"Narasumber yang dihadirkan, yakni dari Dinkes Provinsi Jateng dan Dinkes Brebes," ujarnya.

BACA JUGA:Polres Tegal Cek Kesehatan 216 Pesronel, Skrining Penyakit Tidak Menular

Sementara itu, Sub koordinator Promkes, PM dan Kesehatan Lingkungan Emi Sri Hartati menambahkan, implementasi Germas terus digencarkan pemerintah melalui skrining masalah kesehatan dan PHBS di lingkungan kerja. 

Teknisnya, lebih fokus pendekatan individual karena memiliki banyak fungsi dari afektif, sosialisasi, reproduksi, ekonomi dan pemeliharaan kesehatan. Harapannya, kesehatan pekerja lebih terjamin melalui layanan skrining berkala.

"Target skrining masalah kesehatan dan Germas serta PHBS, yakni semua pekerja menerapkan budaya hidup bersih dan sehat. Dari rajin berolahraga rutin, konsumsi makanan bernutrisi hingga cek kesehatan berkala," imbuhnya. *

Sumber: