Disdikbud Wajibkan Sekolah Ikut Festival Seni dan Budaya saat Bupati Tegal Tilik Desa 2023, Ini Alasannya

Disdikbud Wajibkan Sekolah Ikut Festival Seni dan Budaya saat Bupati Tegal Tilik Desa 2023, Ini Alasannya

Plt Kepala Dikbud Kabupaten Tegal Fakikhurohim membuka acara Festival Seni dan Budaya dalam rangka Bupati Tilik Desa 2023, di Desa Wringin Jenggot, Kecamatan Balapulang.-Istimewa-

BALAPULANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tegal Fakikhurohim wajibkan setiap sekolah mengikuti kegiatan Festival Senin dan Budaya dalam rangka Bupati Tilik Desa 2023

Hal itu dikatakan saat membuka acara Festival Seni dan Budaya di Desa Wringin Jenggot, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Selasa 4 Juli 2023 siang.

Menurut dia, Festival Seni dan Budaya yang digagas Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Tegal (DKD-KT) dan Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT) tersebut merupakan kegiatan yang positif.

Selain itu, juga akan sangat bermanfaat bagi kalangan pelajar dan masyarakat secara luas. 

BACA JUGA:Dibangun dari Hasil Jimpitan Warga, Masjid di Kabupaten Tegal Diresmikan Ganjar Pranowo

Meski kegiatan itu diharapkan dapat diikuti tiap desa di kecamatan di mana menjadi lokasi tilik desa, tetapi pihaknya ingin semua sekolah terlibat atau mengikuti.

”Ini semua dalam rangka menjaga dan melestarikan seni dan budaya di Kabupaten Tegal. Karena itu, kami mewajibkan sekolah di Kabupaten Tegal mengikuti kegiatan festival seni dan budaya pada saat kegiatan itu dilaksanakan di tiap kecamatan,” ungkapnya saat memberikan sambutan dan membuka acara Festival Seni dan Budaya.

Ketegasan Fakikhurohim bukan tanpa alasan. Dia melihat kegiatan Festival Seni dan Budaya di Kecamatan Balapulang kurang direspon. 

Di mana pesertanya sangat sedikit dibandingkan dengan kegiatan yang dilakukan di Kecamatan Margasari, Bumijawa, dan Bojong.

BACA JUGA:Gubernur Jateng Tinjau Rumah Korban Gempa Bantul di Kabupaten Tegal

”Jangan sampai kegiatan yang positif seperti ini tidak direspon dengan baik. Karena itu, nanti di kecamatan lain, utusan dari sekolah, baik SD maupun SMP harus tampil dalam Festival Seni dan Budaya yang digagas Dewan Kebudayan Daerah Kabupaten Tegal (DKD-KT) dan Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT),” tegasnya.

Diketahui, kegiatan Festival Seni dan Budaya dalam rangka Bupati Tilik Desa 2023 dilakukan sehari, sebelum acara Dialog Interaktif Bupati Bersama Masyarakat dalam rangka Bupati Tilik Desa 2023 yang dilakukan Rabu. 

Selain diisi utusan dari desa dan sekolah, kegiatan tersebut ada juga menampilkan bintang tamu yang disiapkan untuk memeriahkan acara. 

BACA JUGA:TOP MARKOTOP! Satpol PP Tegal Gagalkan Pengiriman 295 Ribu Batang Rokok Ilegal di Jalan Tol Pejagan-Pemalang

Sumber: