Bukan Hanya di Tegal, 6 Rumah di Purbalingga Juga Rusak Terkena Efek Gempa Bantul

Bukan Hanya di Tegal, 6 Rumah di Purbalingga Juga Rusak Terkena Efek Gempa Bantul

RUSAK - Rumah rusak milik warga di Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga.-RADAR BANYUMAS-

PURBALINGGA, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Selain di Tegal, efek gempa Bantul-DIY ternyata juga dirasakan di Kabupaten Purbalingga. Bahkan, 6 rumah di wilayah itu dikabarkan rusak terkena dampaknya. 

Berdasarkan laporan di lapangan, satu rumah rusak di Desa Tanalum Kecamatan Rembang. Rumah milik Nur Sapto, warga RT 3 RW 3 mengalami rusak ringan. Tembok rumah berukuran 3 x 2,8 meter rusak.

Di Desa Pekiringan, Kecamatan Karangmocol satu rumah rusak. Tembok dapur rumah milik Sukiyem, warga RT 1 RW 3 Dusun II juga roboh.

Lalu rumah rusak akibat gempa juga terjadi di Desa Majapura Kecamatan Bobotsari. Tembok rumah milik Sirad Ahmadi, warga RT 5 RW 8 mengalami retak dan lantai rumah ambles.

Di Desa Sidareja Kecamatan Kaligondang ada dua rumah yang rusak. Yakni, rumah milik Sudiryo, warga RT 7 RW 3, atap teras ambrol.

Kerusakan juga terjadi pada rumah milik Jamirin, warga RT 7 RW 3. Tembok kamar tidur dan dapur rumah miliknya mengalami retakan.

BACA JUGA:HEBOH! 1 Rumah di Tegal Ambruk Terdampak Gempa Bantul-DIY Berkekuatan Magnitudo 6.4

Rumah rusak juga terjadi di Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol. Rumah milik Hartono, warga RT 12 RW 8 mengalami rusak ringan.

Kerusakan itu diduga akibat efek gempa Magnitudo 6,4, yang mengguncang 86 kilometer Barat Daya Bantul, Jogjakarta, Jumat, 30 Juni 2023 pukul 19.57 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga Priyo Satmoko mengatakan, sedikitnya enam rumah rusak akibat efek gempa tersebut.

"Laporan sementara, rumah yang rusak berada di lima desa yang tersebar di lima kecamatan," katanya, Sabtu, 1 Juli 2023.

BACA JUGA:Gempa Guncang Bantul-DIY, Terasa Sampai Tegal dan Sekitarnya

Mengutip dari Radar Banyumas, selain rumah, Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga juga mengalami rusak ringan. Sejumlah plafon kantor yang berada di Jalan Letkol Isdiman Kelurahan Purbalingga Kidul Kecamatan Purbalingga ambrol.

Hal itu diungkapkan oleh pegawai Dinkominfo yang kebetulan tengah jaga malam Agung Purbadi, terpisah. ***

Sumber: