Gempa Guncang Bantul-DIY, Terasa Sampai Tegal dan Sekitarnya

Gempa Guncang Bantul-DIY, Terasa Sampai Tegal dan Sekitarnya

Tangkapan Layar--

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Gempa berkekuatan magnitudo 6,4, Jumat, 30 Juni 2023 mengguncang Bantul-DIY. Guncangan gempa yang terjadi pada pukul 19:57:43 WIB bahkan sampai terasa hingga wilayah Tegal, Brebes, Pemalang dan sekitarnya. 

Sejumlah warga awalnya tidak menduga jika guncangan yang terasa adalah gempa. Namun, setelah terjadi beberapa saat, mereka mulai menyadari jika gempa tengah terjadi.

"Ya mba. Tak kira bkn gempa mba. Pusing. Pas goyang aku agk diem dlu," tulis Arin, 33 tahun, salah satu warga yang tinggal di Magelang memberikan keterangan lewat pesan pribadi. 

"Kok mkin kenceng trs kaca gantung goyang. Berarti gempa. Aku lsg ke kamar mertua  bangunin teriak ibu gempa. Balik lg ke kamar gendong ank bawa dompet," lanjut dia lagi menceritakan kepanikan yang terjadi di daerahnya akibat gempa yang terasa saat itu. 

"Smp luar ank sblh rumah udh teriak teriak. Dan udh byk org di dpn mba. Lama emang mba. Suamiku yg lg kerja lsg telp mba," lanjut dia.

BACA JUGA:Cilacap Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 SR, Kedalaman 32 Kilometer

Sementara, Novieta Sari, 42, warga Magelang, mengaku mengetahui gempa saat tengah menelepon anak perempuannya yang kebetulan tengah belajar di Yogyakarta.

"Gempa datang, pas aku telp anak wedok di Jogja. Di sana udah  teriak gempa .. selang beberapa detik  kemudian lampu ruang tengah rumah goyang .. langsung aku teriak ALLAHUAKBAR..  dan keluar rumah. Aziz dari kamar mandi, langsung lari keluar," ceritanya dalam sebuah grup Whatsapp. 

"Suara di atap rumah udah gemuruh, terutama di atap warung ya..asalnya  suamiku ngira itu suara tikus .. malah bilang,"hus hus .. tikus .. begitu dia goyang², baru ngeh kalau gempa . Dan langsung teriak ALLAHUAKBAR... Dan keluar rumah juga," lanjut dia.

"Dari ujung telp masih terdengar ustazah, menenangkan para santri." 

BACA JUGA:Cirebon Diguncang Gempa Bumi, Warga Buntet Pesantren: Seperti Dibom!

Dari web resminya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut jika gempa berkekuatan 6.4 SR itu terjadi di titik koordinat Lintang  8.63 LS, Bujur 110.08 BT dengan kedalaman 25 Km.

Pusat gempa berada di 86 km BaratDaya Bantul-DIY, 90 km BaratDaya Kulonprogo-DIY, 92 km BaratDaya Gunungkidul-DIY. 98 km BaratDaya Yogyakarta-DIY dan 453 km Tenggara Jakarta.

Meski gempa tersebut terasa sampai ke sejumlah wilayah, BMKG menyebut jika gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. ***

Sumber: