HEBOH! 1 Rumah di Tegal Ambruk Terdampak Gempa Bantul-DIY Berkekuatan Magnitudo 6.4

HEBOH! 1 Rumah di Tegal Ambruk Terdampak Gempa Bantul-DIY Berkekuatan Magnitudo 6.4

Heboh 1 rumah di Tegal ambruk terdampak gempa yang terjadi di Bantul-DIY, Jumat 30 Juni 2023.-Adi Mulyadi / Kolase Tangkapan Layar Facebook-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Heboh 1 rumah di Tegal ambruk terdampak gempa bumi magnitudo 6,4 yang berpusat di Bantul-DIY, Jumat 30 Juni 2023.

Hal ini terungkap dalam sebuah unggahan di salah satu grup Facebook. Seorang pengguna platform media sosial tersebut yang menggunakan akun bernama Papiihe Nafisa Mualimah Azzahra, mengunggah 3 buah foto.

Dalam foto itu tampak atap sebuah rumah ambruk. Pengunggah foto menyematkan keterangan bahwa getaran gempa yang baru saja terjadi membuat rumah ambruk.

"Getaran lindu tadi gawe umah ambruk. Waspada luR mbokan ana linu susulan bareng Bareng Donga ya lur mudah2n Sing kena musibah diberi ketabahan (Getaran gempa tadi membuat rumah ambruk. Waspada lur barangkali ada gempa susulan. sama-sama berdoa ya lur mudah-mudahan yang kena musibah diberi ketabahan)," tulis Papiihe Nafisa Mualimah Azzahra dalam unggahannya.

BACA JUGA:Gempa Guncang Bantul-DIY, Terasa Sampai Tegal dan Sekitarnya

Dari komentar dalam unggahan tersebut, diketahui rumah yang ambruk terdampak gempa di wilayah Pagedangan, Adiwerna Kabupaten Tegal.

Komentar itu dikuatkan dengan foto tangkapan layar pesan Whatsapp, yang berisi laporan dari posko PMI Kabupaten Tegal.

Dimana menyebutkan bahwa ada rumah ambruk akibat gempa bumi. Lokasi kejadian di RT 24 RW 03 Desa Pagedangan Kecamatan Adiwerna. Waktu kejadian Jumat 30 Juni 2023, pukul 20.00 WIB.

Belum ada keterangan resmi dari pihak yang berwenang terkait rumah ambruk terdampak gempa bumi tersebut.

BACA JUGA:Kebakaran TPA Penujah Kabupaten Tegal Masih Terjadi, Petugas Akui Terkendala Hal Ini

Namun diketahui bahwa gempa berkekuatan magnitudo 6,4, Jumat, 30 Juni 2023 mengguncang Bantul-DIY. Guncangan gempa yang terjadi pada pukul 19:57:43 WIB itu bahkan sampai terasa hingga wilayah Tegal, Brebes, Pemalang dan sekitarnya. 

Sejumlah warga awalnya tidak menduga jika guncangan yang terasa adalah gempa. Namun, setelah terjadi beberapa saat, mereka mulai menyadari jika gempa tengah terjadi.

Dari web resminya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut jika gempa berkekuatan 6.4 SR itu terjadi di titik koordinat Lintang  8.63 LS, Bujur 110.08 BT dengan kedalaman 25 Km.

Pusat gempa berada di 86 km BaratDaya Bantul-DIY, 90 km BaratDaya Kulonprogo-DIY, 92 km BaratDaya Gunungkidul-DIY. 98 km BaratDaya Yogyakarta-DIY dan 453 km Tenggara Jakarta.

Sumber: