Manfaat Melaksanakan Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha Beserta Niatnya, Dapat Menghapus Dosa Satu Tahun Lalu

Manfaat Melaksanakan Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha Beserta Niatnya, Dapat Menghapus Dosa Satu Tahun Lalu

Mengetahui Manfaat Dari Melaksanakan Puasa Sunnah Sebelum Hari Raya Idul Adha Beserta Niatnya--

Tegal, radartegal.disway.id - Membahas manfaat dari melaksanakan puasa sebelum hari raya Idul Adha beserta niatnya.

Manfaat melakukan puasa sebelum Idul Adha beserta niatnya. Bulan Dzulhijjah dikenal sebagai salah satu bulan istimewa yang amat dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah puasa sunnah selama 9 hari sebelum perayaan Idul Adha, dimulai pada tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah. Namun, apa sebenarnya manfaat puasa sebelum Idul Adha ini? Berikut ini adalah ulasan lengkap yang akan membuka mata kamu akan keuntungan-keuntungan luar biasa yang bisa kamu dapatkan dengan menjalankan puasa ini.

Melakukan puasa sunnah sebelum hari raya Idul adha sebenarnya sangat dianjurkan, pasalnya ada keutamaan pada 10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah. Berpuasa bagi umat muslim pastinya identik dengan melakukan puasa pada bulan ramadhan, namun melakukan puasa pada hari-hari sebelum Idul Adha dapat memberikan ampunan pada dosa-dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang bagi umat mulsim yang mengerjakannya.

Nah untuk melakukan Puasa sunnah Sebelum hari raya Idul Adha atau puasa Dzulhijjah, dapat dikerjakan selama 9 hari, yang dimulai dari tanggal 1 sampai 7 untuk puasa Dzulhijjah, kemudian untuk puasa Tarwiyah dapat dilakukan tanggal 8, setelahnya bisa melakukan puasa Arafah di tanggal 9. Kemudian di tanggal 10 sampai dengan tanggal 13 Dzulhijjah dikharamkan untuk berpuasa karena merupakan hari tasyrik.

BACA JUGA:Nambah Pahala dan Amal Dengan 3 Puasa Sunah yang Dianjurkan Untuk Dikerjakan Sebelum Hari Raya Idul Adha

Setelah mengetahui beberapa hal terkait puasa sebelum Idul Adha, selanjutnya kita akan membahas beberapa manfaat dari melaksanakan puasa sebelum Idul Adha.

Manfaat Mengerjakan Puasa Sebelum Idul Adha

1. Dijauhkan dari api Neraka

Manfaat dari mengerjakan puasa sunnah sebelum Idul Ahda yang pertama yakni dijauhkan dari api neraka, manfaat ini bisa kamu peroleh dengang mengerjakan puasa sebelum hari raya idul adha khusunya di tanggal yang ke 9 Dzulhijjah atau Puasa Arafah.

Dengan mengerjakan puasa Arafah maka akan ia akan dijauhkan dari siksa api neraka dan senantiasa terlindungi.

2. Dihapuskan dosa satu tahun yang lalu

Manfaat selanjutnya dari mengerjakan puasa sunnah sebelum Idul Adha yakni dapat menghapus dosa satu tahun yang sudah terlewati. Mengutip dari Hadits yang diriwayatkan dari Abu Qatadah Radhiyallahuanhu bahwa Rassulullah SAW bersabda:

"Puasa hari arafah, saya berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai penebus (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya.." (HR. Muslim).

3. Dilipatgandakannya pahala

Sumber: