Nambah Pahala dan Amal Dengan 3 Puasa Sunah yang Dianjurkan Untuk Dikerjakan Sebelum Hari Raya Idul Adha

Nambah Pahala dan Amal Dengan 3 Puasa Sunah yang Dianjurkan Untuk Dikerjakan Sebelum Hari Raya Idul Adha

3 Puasa Sunah yang Dianjurkan Untuk Dikerjakan Sebelum Hari Raya Idul Adha--

Tegal, radartegal.disway.id - Membahas seputar amalan puasa sunah yang bisa dilakukan sbelum hari raya idul Adha oleh umat muslim, agar bisa menambah pahala dan kebaikan.

3 puasa sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan sebelum hari raya idul adhaSebentar lagi kita akan memasuki salah satu hari besar bagi umat muslim yakni Hari raya idul adha. Hari raya idul adha merupakan perayaan besar umat islam yang biasa dirayakan setiap tahun setelah hari raya idul Fitri.

Ibadah yang sering dilakukan pada hari raya idul Adha adalah dengan melakukan penyembelihan hewan qurban berupa kambing atau sapi. Nah sebelum memasuki Hari besar tersebut, ternyata ada pula 3 puasa yang disunahkan sebelum memasuki hari besar idul Adha.

Adapun nilai keutamaan dari melakukan 3 puasa sunah tersebut, antara lain dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. puasa ini tergolong sunah artinya jika dilakukan mendapat pahala dan jika ditinggalkan tidak mendapat pahala dan tidak mendapat dosa.

Teruntuk kamu yang ingin melakukan 3 puasa sunah yang dianjurkan untul dikerjakan sebelum hari raya idul Adha, kamu bisa simak artikel ini terus.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Akhirnya 39 Calon Haji Cadangan asal Batang Berangkat Ikut Kloter Sapu Jagat

Berikut ini merupakan puasa-puasa sunah yang dianjurkan sebelum hari raya idul Adha:

 

1. Puasa 6 Hari saat Bulan Dzulhijah

Ibadah puasa yang pertama adalah puasa enam hari pada bulan Dzulhijah yang sunahnya termasuk kedalam sunah Muakkad atau Sunah yang sangat dianjurkan sebelum hari raya idul Adha.

Untuk melakukan puasa sunah ini, dapat dikerjakan mulai dari tanggal 7 - 12 bulan Dzulhijah, keuntungan dari mengerjakan puasa sunah ini adalah mendapat pahala yang elipat ganda dan dihapuskannya dosa-dosa yang terdahulu.

Dianjurkan juga untuk bisa menjaga keutamaan hari-hari tersebut dengan meningkatkan amalan ibadah, perbanyak dzikir kepada Allah SWT, Membaca ayat suci Al-Quran, serta melakukan amal ibadah lainnya.

2. Puasa Sunah Arofah

Merupakan puasa sunah yang bisa dikerjakan dari Tanggal 9 bulan Dzulhijah, atau sehari sebelum tiba hari raya idul Adha. Dengan melakukan ibadah puasa arofah, akan diampuni dosa-dosa yang selama setahun lalu dan setahun yang akan datang.

Sumber: