Ngumpet di Pabrik Roti Slawi, Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter Berhasil Dievakuasi Tim Reaksi Cepat

Ngumpet di Pabrik Roti Slawi, Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter Berhasil Dievakuasi Tim Reaksi Cepat

EVAKUASI - Petugas TRC BPBD Kabupaten Tegal saat mengevakuasi Ular Sanca di sebuah pabrik roti di Slawi, Rabu malam kemarin.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Ular sanca sepanjang sekitar 3,5 meter yang ditemukan di salah satu Pabrik Roti di depan kantor Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal berhasil dievakuasi oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Rabu malam, 14 Juni 2023.

"Awalnya kami dapat laporan dari warga tentang adanya ular sanca yang berkeliaran di sebuah pabrik roti, lalu kami datang untuk mengevakuasi," kata Arif Hidayat, salah satu relawan TRC BPBD Kabupaten Tegal.

Ular sanca tersebut berhasil ditaklukan dengan melibatkan 6 personel TRC BPBD. Menurut Arif, evakuasi memang sempat kesulitan karena ular tersebut berada di atap dan melilit di tiang besi.

"Akhirnya kami mencoba menjerat kepalanya dengan tali dan kita tarik perlahan tanpa melukai siapapun," ujarnya.

BACA JUGA:Masuk Pemukiman, Ular Sanca Sepanjang 4 Meter Ditangkap Warga Tlagasana Pemalang

Arif menduga, ular yang berhabitat di Pulau Jawa itu, sudah lama tinggal di sekitar pabrik roti karena kondisinya cukup besar. Saat ini, ular sudah diamankan. Rencananya, binatang melata itu akan dilepas di hutan yang jauh dari pemukiman penduduk.

"Atau nanti diserahkan kepada pecinta reptil yang mau memelihara ular ini," ucapnya.

Sementara, Basuki, salah satu karyawan pabrik roti, mengisahkan saat kali pertama melihat ular tersebut di kawasan pabrik.

Awalnya, dia sedang mengambil air wudhu. Kemudian dia melihat ada ular yang membelit di tiang besi.

"Setelah saya soroti dengan senter ternyata itu ular. Lalu saya melaporkan ke karyawan yang saat itu bertugas dan diteruskan ke petugas BPBD," kata Basuki. ***

Sumber: