Diduga Karena Korsleting Listrik, Rumah Penjahit di Banjaran Tegal Ludes Terbakar

Diduga Karena Korsleting Listrik, Rumah Penjahit di Banjaran Tegal Ludes Terbakar

PEMADAMAN - Petugas Damkar Kabupaten Tegal saat berjibaku memadamkan api yang membakar rumah warga di Desa Tembok Banjaran, Senin sore, 12 Juni 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

ADIWERNA, RADARTEGAL - Sebuah rumah warga yang berprofesi sebagai penjahit di RT 05 RW 01 Desa Tembok Banjaran, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal ludes terbakar, Senin, 12 Juni 2023. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya saja, pemilik rumah mengalami kerugian sekitar Rp170 juta.

Sumber dari petugas pemadam kebakaran Kabupaten Tegal, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Kala itu, ada sejumlah warga yang melihat kepulan asap di atas rumah korban. Sontak, warga pun berteriak meminta tolong dan memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun, warga kesulitan memadamkan api tersebut. Sehingga mereka bergegas melapor ke petugas Damkar Kabupaten Tegal.

"Setelah mendapat laporan, kami langsung mendatangi lokasi," kata Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Tegal, Kusnadi.

BACA JUGA:15 Kasus Kebakaran Sudah Terjadi di Kabupaten Tegal, Memet: Biasanya Lupa Mematikan Kompor

Dia menduga, penyebab kebakaran itu karena korsleting listrik. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.40 WIB. Setelah dirinci, korban mengalami kerugian hampir Rp200 juta. Kondisi rumah mengalami rusak berat pasca dilalap sijago merah.

"Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka," ucapnya.

Sementara, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui Kepala Markas PMI Sunarto mengatakan, hasil dari asesment yang dilakukan petugas PMI, penghuni rumah tersebut sebanyak 5 orang jiwa. Adapun kepala keluarganya, Sahali, 48, yang berprofesi sebagai penjahit.

Saat ini, keluarga korban membutuhkan bantuan material untuk memperbaiki rumahnya dan sembako untuk menyambung hidupnya.

"Meski rumahnya rusak, tapi mereka tidak mengungsi," tukasnya. ***

Sumber: