JOOS! Satkamling RW 04 Desa Dukuhdamu Tegal Jadi Duta Lomba Tingkat Polda Jateng 2023

JOOS! Satkamling RW 04 Desa Dukuhdamu Tegal Jadi Duta Lomba Tingkat Polda Jateng 2023

Penampilan tabuh kentongan Satkamling RW 04 Desa Dukuhdamu menyambut kedatangan tim Ditbinmas Polda Jateng.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Pos Satkamling RW 04 Desa Dukuhdamu Kecamatan Lebaksiu menjadi duta dalam ajang penilaian lomba Satkamling Polda Jawa Tengah tahun 2023. 

Tim Ditbinmas Polda Jateng yang teridiri dari Kasubditbintibsos Ditbinmas Polda Jateng AKBP Hasim Setiawan SAg MH, Kasibinturmas Subditbintibsos Kompol Purnomo, dan anggota Ditbinmas Polda Jateng Bripka Agus Dwi Prabowo berkesempatan mendatangi lokasi Satkamling RW 04 Desa Dukuhdamu, semalam.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kasat Binmas Iptu Bambang Suwidagdo SH MAP menyatakan bahwa pemerintah dan kepolisian telah berkomitmen untuk memelihara kamtibmas hingga tingkat desa sesuai amanat undang-undang. 

"Ketua tim penilai menyatakan bahwa lomba Satkamling tingkat Polda Jateng dilaksanakan secara serentak se-Jateng. Nantinya masing-masing eks karisidenan akan dipilih ditingkat Polda, dan satu terbaik tingkat Provinsi akan dilombakan tingkat nasional. Penghargaan akan diberikan pada HUT Polri pada tanggal 1 Juli 2023," ujarnya Selasa 6 Juni 2023.

BACA JUGA:BIKIN BANGGA! Yovan, Atlet Judo Kabupaten Tegal Raih Emas Para Games Kamboja 2023

Adapun kriteria penilaian meliputi 5 aspek. Diantaranya, aspek SDM, sarana dan prasarana, giat operasional, dukungan masyarakat, dan binsatkamling. 

"Ditunjuknya Desa Dukuhdamu dalam ajang ini mengingat di desa tersebut sudah terbentuk Satkamling yang dilaksanakan secara rutinitas setiap malam dengan jumlah pos ronda sebanyak 6 pos. Dan di masing-masing rumah sudah terpasang kentongan," cetusnya.

Pihaknya memberi apresiasi kepada warga dabn awak Satkamling Desa Dukuhdamu,, Kecamatan Lebaksiu yang sudah mewakili Polres Tegal untuk mengikuti lomba Satkamling. 

BACA JUGA:HEBAT! Mengabdi Tanpa Cacat, 3 Anggota Polres Tegal Naik Pangkat

"Sinergitas antara mitra kamtibmas dan aparat Kepolisian sangat diperlukan dalam menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban. Karena keamanan serta ketertiban di lingkungan masyarakat bukan menjadi tanggungjawab aparat saja, namun perlu peran serta seluruh komponen masyarakat di dalamnya termasuk satkamling,” ungkapnya. *

Sumber: