Siap-siap! Pembeli Elpiji Subsidi 3 Kg di Kabupaten Tegal Besok Dicek Datanya

Siap-siap! Pembeli Elpiji Subsidi 3 Kg di Kabupaten Tegal Besok Dicek Datanya

BELI ELPIJI - Salah satu ibu rumah tangga membeli elpiji subsidi 3 kg di penyalur.--

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kamu atau keluarga kamu pengguna elpiji subsidi 3 kg? Siap-siap ya. Karena, mulai besok, 1 Juni 2023, akan ada pencocokan data pembeli elpiji subsidi 3 kg di Kabupaten Tegal.

Pertamina akan melakukan pencocokan data masyarakat yang akan membeli elpiji subsidi 3 Kg. 

“Melanjutkan program pencocokan data gelombang kedua kita terus melanjutkan pencocokan data elpiji 3 kg. Per 1 Juni 2023 pencocokan di sebelas kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah dan DIY,”kata Area Manager Communication, Relations, dan CSR Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho melalui siaran persnya.

Pencocokan data akan dilakukan di sejumlah wilayah salah satunya di Kabupaten Tegal. Pertamina akan melakukan hal ini secara bertahap di wilayah lainnya. 

Hal itu, untuk memastikan penyaluran elpiji Subsidi 3 Kg bisa tepat sasaran. 

Brasto Galih mengatakan, pencocokan data itu dilakukan di 11 wilayah. Yakni, Kabupaten Boyolali, Cilacap, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kudus, Kulon Progo, Magelang, Sragen, Tegal, dan Kota Yogyakarta. 

“Tujuan program ini untuk penyaluran elpiji 3 kg bersubsidi yang lebih transparan dan tepat sasaran,”ujar Brasto. 

BACA JUGA:Penyaluran Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran dengan Transaksi Digital, Begini Penjelasan Pertamina

Menurut Brasto, pencocokan data itu mendasari Kepmen ESDM tentang Petunjuk Teknis Pendistribusian Isi Ulang LPG Tertentu Tepat Sasaran. Serta Keputusan Dirjen Migas tentang Penahapan Wilayah dan Waktu Pelaksanaan Pendistribusian Isi Ulang LPG Tertentu Tepat Sasaran.

Karenanya, kata Brasto, Pertamina Patra Niaga melanjutkan program pendataaan pengguna elpiji 3 subsidi kg. Sebelumnya, program ini sudah berjalan di 14 Kota dan Kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Blora, Purworejo, Rembang, Wonogiri, Wonosobo, Kota Magelang, Pekalongan, Semarang, Surakarta, Salatiga dan Tegal. 

Brasto mengungkapkan, Pertamina juga melakukan skema transaksi pencocokan data di pangkalan resmi. Pencocokan data digital akan membantu pencatatan di Pangkalan, sehingga penyaluran elpiji subsidi 3 Kg lebih akuntabel ataupun transparan.

“Pencocokan data konsumen rumah tangga dan usaha mikro kita lakukan pada sub penyalur atau pangkalan resmi elpiji 3 kg. Jadi tanpa perlu penggunaan atau memilki smartphone atau gadget milik konsumen,”jelasnya. 

Brasto menegaskan, pencocokan data sinergi dengan Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Sehingga, jika NIK (KTP) dan KK sudah terdata di P3KE dan datanya cocok, konsumen bisa langsung bertransaksi pembelian elpiji subsidi 3 Kg di sub penyalur atau pangkalan resmi. 

“Namun jika belum terdata, konsumen dapat mendaftarkan NIK KTP dan KK di sub penyalur atau pangkalan resmi dengan pendaftaran hanya dilakukan sekali,”terangnya.

Sumber: