Balita 3 Tahun yang Alami Gizi Buruk di Kota Tegal Akhirnya Jalani Perawatan Intensif

Balita 3 Tahun yang Alami Gizi Buruk di Kota Tegal Akhirnya Jalani Perawatan Intensif

--

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Balita 3 tahun Cintya Rizki Azalia (3) yang mengalami gizi buruk akhirnya mendapatkan perawatan intensif. Bocah perempuan yang kini kakinya bengkok akibat gizi buruk itu mendapatkan perawatan di ruang PICU dan NICU RSUD Kardinah Kota Tegal.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kardinah Kota Tegal Nurmilawati mengatakan, orang tua Cintya memang rutin memeriksakan balita itu. Baik, saat masih menjadi warga Brebes, lebih-lebih saat ini setelah menjadi warga Kota Tegal.

"Cintya ini memang sudah menjadi pasien rutin RSUD Kardinah. Baik saat masih menjadi warga Kabupaten Brebes, maupun setelah menjadi warga Kota Tegal," ujar Nurmilawati.

Menurutnya, kondisi balita gizi buruk Cintya saat ini jauh lebih baik dari saat awal berobat. Sebab, sudah ada peningkatan berat badan.

"Saat ini sudah lebih baik, karena sudah ada peningkatan berat badan," tandasnya.

Nurmilawati mengungkapkan selain stunting, ada penyakit bawaan yang Cintya alami. Meski begitu, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin.

"Kita lihat perkembangannya, kalau nanti anak sudah mampu minum sendiri, baru kami pindahkan ke ruang biasa," jelasnya.

Biaya perawatan balita dengan diagnosa gizi buruk asal Brebes itu sudah tertanggung oleh BPJS Kesehatan. Semua pihak berharap Cintya akan kembali normal seperti sedia kala.

BACA JUGA:Balita asal Brebes Alami Gizi Buruk di Kota Tegal, Wali Kota Ditelpon Menko PMK

Pj. Sekda Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono mengatakan pihaknya telah menyerahkan perawatan balita tersebut ke pihak rumah sakit. Hal itu, agar dia bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Pemkot Tegal mambawa balita tersebut ke RSUD Kardinah agar mendapatkan penanganan yang lebih baik," katanya.

Menurut Agus, pihaknya juga sudah menyerahkan penanganan balita gizi buruk itu kepada dokter-dokter pilihan di rumah sakit. Termasuk, pemenuhan gizi dengan pemberian vitamin dan obat-obatan agar segera pulih.

"Ada dokter-dokter pilihan yang akan merawatnya. Hingga untuk pemenuhan gizi dan obat-obatan hingga pulih nanti,"jelasnya.

BACA JUGA:Sempat Putus Sekolah, Kakak Balita Gizi Buruk Asal Brebes di Kota Tegal Akhirnya Bisa Bersekolah Lagi

Sumber: