Magang ke Jepang, 161 Peserta dari Berbagai Daerah Ikut Seleksi di Kota Tegal

Magang ke Jepang, 161 Peserta dari Berbagai Daerah Ikut Seleksi di Kota Tegal

SAMBUTAN- Pj. Sekda Agus bacakan sambutan Wali Kota Tegal Dedy Yon soal program tersebut yang merupakan salah satu dari sekian program strategis pemerintah. -TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Magang ke Jepang, 161 peserta dari berbagai daerah mengikuti seleksi di Kota Tegal.

Kepala Disnakerin Kota Tegal R. Heru Setyawan menyampaikan Program Seleksi Magang ke Jepang adalah bentuk kerja sama pemkot, Kemenaker RI dan IM Japan. Itu, dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia bangsa Indonesia, terutama generasi muda dalam rangka menyongsong era globalisasi. 

“Program seleksi magang ke Jepang melalui dua tahapan, yaitu proses rekrutmen dan proses seleksi,” ujarnya.

Proses seleksi, kata Heru, berlangsung melalui beberapa rangkaian kegiatan yang meliputi Tes Matematika, Tes Kesamaptaan, Fisik dan Wawancara. Adapun jumlah peserta sebanyak 161 orang.

“Para peserta seleksi magang ke Jepang, berasal dari berbagai daerah. Antara lain eks-Karesidenan Pekalongan, beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat,” ujar Heru. 

BACA JUGA:Raperda Bantuan Hukum Kota Tegal Dibahas Lebih Lanjut, Ini Alasannya

Sementara, Ketua IM Japan Nakamura menyampaikan jangan hanya melihat program magang di Jepang hanya tujuan bekerja. Namun, ia mengimbau agar peserta bisa belajar di Jepang, tentang disiplin, etos kerja dan budaya kerja. 

Kegiatan seleksi berlangsung di di GOR Wisanggeni Kota Tegal mulai dari tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 2023.

Kegiatan seleksi magang ke Jepang sendiri merupakan program dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI). Serta Tim International Man Power Development Organitation Japan Tahun 2023.

Pj. Sekda Drg Agus Dwi Sulistyantono mewakili Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Senin 29 Mei 2023 siang. Sebelumnya, para peserta telah lolos seleksi administrasi pada tahap rekrutmen 16 Februari sampai 26 Mei 2023.

Sub Koordinator Pemagangan Luar Negeri Kemenakertrans Sutarno menyampaikan, seleksi merupakan kali pertama di Kota Tegal. Pemilihan Kota Bahari sebagai tempat seleksi bukan tanpa alasan. 

“Perusahaan-perusahaan di Jepang memiliki kepercayaan yang bagus kepada tenaga kerja yang berasal dari Indonenesia. Khususnya dari Provinsi Jawa Tengah,”katanya.

BACA JUGA:Balita asal Brebes Alami Gizi Buruk di Kota Tegal, Wali Kota Ditelpon Menko PMK

Karenanya, kata Sutarno, Kementerian memberikan kesempatan seluas mungkin Pemerintah Daerah untuk melaksanakan program Kemenakertrans. Salah satunya Program Seleksi Magang ke Jepang yang berlangsung di Kota Tegal.

Sumber: