MENGHARUKAN! Detik-detik Terakhir Ganjar Wisuda 258 Siswa Siswi SMKN Jateng Angkatan 7

MENGHARUKAN! Detik-detik Terakhir Ganjar Wisuda 258 Siswa Siswi SMKN Jateng Angkatan 7

Detik-detik Terakhir Ganjar Wisuda 258 Siswa Siswi SMK Jateng Angkatan 7.--

SEMARANG, RADARTEGAL.COM - Suara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bergetar saat memberikan sambutan di Kampus SMKN Jawa Tengah, Semarang, Kamis 25 Mei 2023 sore. 

Ganjar tampak terharu saat mewisuda 258 siswa SMKN Jawa Tengah di hadapan orangtua mereka.

Sebab, tahun ini menjadi tahun terakhir Ganjar menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Sejak kali pertama berdiri pada 2014, sekolah asrama gratis khusus siswa miskin ini telah meluluskan ribuan siswa. Total sudah ada 7 angkatan dengan jumlah 1.837 lulusan.

“Kami ingin seluruh anak-anak Indonesia mendapat fasilitas pendidikan yang menunjang cita-cita dan impiannya. Karena kita percaya, hanya dengan pendidikan lah kita bisa maju, berkembang, dan berdaya saing. Hanya dengan pendidikan lah, kita mampu mewujudkan Indonesia yang maju, adil, dan menghadirkan kesejahteraan untuk seluruh rakyatnya,” kata Ganjar.

BACA JUGA:Pelajar Karangkobar Histeris Ketemu Ganjar di Program Gubernur Mengajar

Lewat pendidikan, Gubernur Jateng dua periode itu yakin kemiskinan di Jawa Tengah akan berkurang. Sebab, lulusan dari SMKN Jawa Tengah sudah banyak yang bekerja dan meningkatkan taraf hidup keluarganya.

Oleh karenanya, setelah tiga SMK di Semarang, Pati, dan Purbalingga, Ganjar juga merintis 15 SMK semi boarding di 15 kabupaten. Ganjar berharap program yang ia gagas ini tidak akan berhenti dan akan dikembangkan terus.

“Harapan kita semua, kelak tiap kabupaten kota di Jateng memiliki minimal satu SMK seperti ini,” ujarnya.

Ganjar kemudian menyampaikan apresiasinya terhadap para orangtua dan guru. Karena telah membimbing dan memberikan pengabdian dengan mendidik para siswa.

BACA JUGA:Gubernur Mengajar di UIN Gus Dur Pekalong, Ganjar Sampaikan Pentingnya Nilai Kebangsaan Berlandaskan Keagamaan

“Cuma sampai di sini saya mendampingi bapak ibu semua. Cuma sampai di tahun ini saya bisa mewisuda siswa siswi panjenengan semua. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian panjenengan,” ujarnya dengan suara bergetar dan terbata-bata. 

Ganjar menuturkan kebahagiaan dan kebanggaannya melihat serta mendengar cerita sukses dari lulusan SMKN Jateng.

“Maka saya momohon maaf jika selama ini ada kekurangan dan kekhilafan saya. Termasuk jika apa yang saya gagas ini terdapat kekurangan, silakan lakukan evaluasi dan perbaikan. Karena sekolah ini adalah milik panjenengan,” tandasnya.

Ditemui usai acara, Ganjar mengungkapkan perasaan harunya dengan perjalanan SMKN Jateng sejak digagas tahun 2014. Apalagi banyak cerita alumni yang sudah bekerja dan membanggakan orangtuanya.

Sumber: