Belajar Pasar Modal Syariah, Generasi Milenial Diajari Mindset Orang Kaya

Belajar Pasar Modal Syariah, Generasi Milenial Diajari Mindset Orang Kaya

SEMINAR - Sejumlah generasi milenial foto bersama usai mengikuti seminar Nasional di IBN Tegal, baru-baru ini.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID  – Sejumlah generasi milenial di wilayah Slawi, Kabupaten Tegal belajar Pasar Modal Syariah, di Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal, baru-baru ini.

Mereka belajar melalui seminar nasional  dengan tema Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Syariah untuk Generasi Milenial melalui Galeri Investasi.

Seminar ini dipandegani oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang bekerja sama dengan Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI).

Seminar diikuti oleh beberapa perwakilan siswa- siswi SMA dan SMK, serta mahasiswa dan dosen dari perguruan tinggi di wilayah Slawi Tegal yang berjumlah 100 orang.

BACA JUGA:Memanusiakan Manusia, Konsep Ki Hajar Dewantara Masuk Kurikulum Merdeka Belajar

Adapun sebagai narasumber, panitia menghadirkan Akhmad Nuryanto SE MM dari Bursa Efek Indonesia Cabang Semarang dan Rizky Kurniawan SE dari PT Philip Sekuritas Indonesia Cabang Tegal.

Saat pemaparan, Ahmad Nuryanto mengungkapkan mindset orang kaya adalah bukan orang yang mempunyai banyak uang. Namun memiliki banyak aset.

Dalam berinvestasi itu, harus fokus pada kinerja perusahaannya, bukan pada besar dan terkenalnya perusahaan.

“Tidak ada investasi yang tidak ada resiko, karena semakin besar keuntungan yang didapat semakin besar pula resiko yang akan ditanggung,” ujarnya. 

Dia menjelaskan, cara mengetahui saham yang bagus yakni, perusahaan harus terkenal atau sering ditemui. Kemudian jika hendak membeli saham harus pada sekuritas yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Tujuan investasi dalam ranah syariah adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang di masa yang akan datang,” ungkapnya.

BACA JUGA:Bangga! Hasan Mughni, Warga Tegal Ikut Masuk Timnas U-22 di SEA Games 2023

Sementara, Rizky Kurniawan juga mengajak untuk berinvestasi syariah baik melaui obligasi (SUKUK), Reksa Dana Syariah maupun saham syariah.

Dalam kesempatan itu, Rizky juga menyampaikan soal mekanisme dan praktik transaksi jual beli saham dan menjelaskan pula  perbedaan antara saham konvensioanal dengan saham syariah.

Sumber: