Bantu Petani, Kelompok Peternak Barokah Desa Capar Tegal 1 Bulan Produksi 3 Ton Pupuk Organik

Bantu Petani, Kelompok Peternak Barokah Desa Capar Tegal 1 Bulan Produksi 3 Ton Pupuk Organik

Para anggota Kelompok Peternak Barokah Desa Capar sedang memproduksi pupuk organik.-Yeri Noveli-

JATINEGARA, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kelompok Peternak Barokah Desa Capar, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal berhasil memproduksi pupuk organik sebanyak 3 ton per bulan.

Pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan ternak itu, dipasarkan kepada para petani di wilayah Kecamatan Jatinegara.

"Pupuk ini kami kelola secara kelompok dengan metode mengumpulkan kotoran domba dan bahan fermentasi serta bahan organik lainya," kata Penasehat Kelompok Peternak Barokah, Kukuh Supribadi, Kamis 4 April 2023.

Dia menuturkan, untuk memproduksi pupuk tersebut pihaknya menggunakan modal mandiri. Selain itu, juga mendapat bantuan dari Bank Indonesia Tegal. 

BACA JUGA:3 Kades di Kabupaten Tegal Mengundurkan Diri, Begini Penjelasan Dispermades

Bantuannya berupa pelatihan, mesin atau alat produksi pupuk serta rumah produksi.

Menurutnya, dengan adanya rumah produksi pupuk organik itu, maka bisa membantu kebutuhan pupuk para petani. Utamanya di wilayah Desa Capar dan sekitarnya.

"Pupuk subsidi sekarang sangat susah dan mahal. Karena itulah, pupuk organik ini sangat membantu para petani," ujarnya.

Ketua Kelompok Peternak Barokah Desa Capar Darso menjelaskan, proses pembuatan pupuk organik yakni menggunakan kotoran domba yang diambil langsung dari kandang ternak. Lalu dikeringkan dan difermentasi mengunakan EM4.

BACA JUGA:HEBAT! Motto SD Tembok Luwung 04 Ini Dicetuskan saat Peringati Hardiknas

Setelah itu, diproses menggunakan mesin penggiling.

"Kemudian hasil dari gilingan itu dipilah dan langsung dipacking," kata Kukuh Supribadi.

Menurutnya, untuk saat ini hasil dari pengelolaan pupuk organik digunakan oleh kelompok. Selain itu, juga di jual ke petani lainnya di Desa Capar dan sekitarnya.

Dia mengemukakan, untuk bisa menghasilkan 1 ton pupuk organik, dibutuhkan waktu sekitar 10 hari. Sehingga dalam sebulan, pihaknya bisa memproduksi sedikitnya 3 ton pupuk organik.

Sumber: