Amankan Obyek Wisata Air, Polairud Polres Tegal Masih Temukan Wisatawan Abai Keselamatan

Amankan Obyek Wisata Air, Polairud Polres Tegal Masih Temukan Wisatawan Abai Keselamatan

Personel Polairud Polres Tegal mengedukasi penumpang kapal OW Waduk Cacaban untuk menggunakan jaket pelampung.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kesiapsiagaan untuk meminimalisir hal yang tak diinginkan, mendorong Polres Tegal mengamankan seluruh obyek wisata air yang ada di Kabupaten Tegal, saat libur lebaran. Pengamanan ini bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan di air.

Kapolres Tegal AKBP Mochmmad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kasat Polairud AKP Siswanto SAg mengatakan jajarannya sudah disebar ke sejumlah titik obyek wisata air, yang nantinya akan dijadikan tempat masyarakat menghabiskan waktu libur Idul Fitri. 

"Selain pengamanan, jajaran Satpolair juga memberikan edukasi tentang keselamatan saat berwisata menggunakan air antara lain pentingnya jaket pelampung untuk keselamatan," ujarnya Selasa 25 April 2023.

Menurutnya penggunaan jaket pelampung berfungsi untuk keselamatan. 

BACA JUGA:Pengamanan Lebaran, Racana IBN Tegal Bantu Pemudik

"Masih ditemukan pengunjung meremehkan dan abai. Padahal, jaket pelampung merupakan salah satu alat keamanan yang harus dikenakan dalam kondisi-kondisi tertentu, apalagi jika berkaitan dengan air,” cetusnya. 

Berkaca dari pengalaman yang terjadi berupa kapal tenggelam di objek wisata bahkan didapati korban jiwa kami jajaran Polres Tegal berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

“ Polres Tegal menghimbau pentingnya mengunakan Jaket pelampung (Life Jacket) saat berada di wahana wisata air," ungkapnya. 

Ditegaskan personel Polairud hadir untuk melaksanakan pengamanan pantai dan juga berupaya melalui imbauan agar masyarakat lebih berhati-hati dalam beraktivitas di sekitar pantai maupun waduk.

BACA JUGA:Ada Suara Ledakan Sebelum 5 Warung Kopi di Pantai Larangan Tegal Terbakar

Antusias masyarakat dalam menikmati liburan setelah lebaran ini cukup menjadikan tempat-tempat wisata dipadati oleh pengunjung.

Hal tersebut tentunya perlu diimbangi dengan kehati-hatian dan pengawasan yang lebih agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di harapkan.

"Tak lupa kami pun mengimbau kepada para orang tua agar senantiasa mengawasi masing-masing anaknya dan juga yang sedang berenang agar tidak berenang atau bermain air terlalu jauh dari bibir pantai," tegasnya. *

Sumber: