Gebyar Ramadan 2023, Dewan Kesenian Kabupaten Tegal Gelar Lomba Tong Tong Prek

Gebyar Ramadan 2023, Dewan Kesenian Kabupaten Tegal Gelar Lomba Tong Tong Prek

Sejumlah anak di Kecamatan Balapulang, saat tong tong prek di desanya untuk membangunkan sahur.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT) menggelar lomba musik membangungkan sahur atau akrab disebut dengan Tong Tong Prek. 

Lomba dalam rangka Gebyar Ramadan 2023 ini sangat diminati oleh masyarakat. Hal itu terlihat dari jumlah pendaftar yang cukup banyak.

Panitia Gebyar Ramadan 2023 DKKT, Abu Nizam mengatakan, jumlah peserta yang mendaftar sesuai dengan target.

''Alhamdulillah sampai batas seleksi karya yang masuk ke panitia cukup banyak,'' kata Abu Nizam, Senin 3 April 2023.

BACA JUGA:Hindari Kemacetan Arus Mudik 2023, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Trouble Spot Banjaran Tegal

Menurut Abu, peserta yang mengikuti Lomba Tong Tong Prek yang masuk finalis sebanyak 12 kelompok. Selanjutnya, para finalis ini akan mengikuti tahapan berikutnya, yakni pelaksanaan final pada 8 April 2023.

Selain Tong Tong Prek, pihaknya mengaku juga menggelar Lomba Dongeng. Adapun jumlah pesertanya mencapai 40 orang. Mereka merupakan guru TK dan SD.

Setelah dilakukan penjurian, terseleksi 15 peserta finalis. Tahapan seleksi final akan digelar pada 7-8 April mendatang.

Ketentuan dari lomba ini, cerita rakyat nusantara (mitologi dan legenda), pendaftaran dan pengiriman karya pada 6 Maret 2023 hingga 1 April 2023 dengan total hadiah Rp5,3 juta.

BACA JUGA:Banyak Aset Desa Danareja Tegal Dikelola Warga, Pemdes Lakukan Inventarisir

Sedangkan Lomba Tong Tong Prek, pesertanya masyarakat umum dengan ketentuan kelompok maksimall 5 orang. Alat ronda harus menarik dan kreatif. Sementara untuk hadiah totalnya Rp11,2 juta.

Ketua DKKT, Imam Joend mengatakan, beragam jenis lomba yang digelar dalam Gebyar Ramadhan 2023 ini tujuannya untuk menguri-uri budaya lokal dan sebagai ajang kreativitas warga Tegal. *

Sumber: