1.446 Pramuka Garuda Kota Tegal Dilantik, 12 Diantaranya Penegak SMK YPT

1.446 Pramuka Garuda Kota Tegal Dilantik, 12 Diantaranya Penegak SMK YPT

12 Pramuka Penegak Garuda dari SMK YPT Kota Tegal berpose usai pelantikan di Bumi Perkemahan Bahari Kota Tegal.--

TEGAL , RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kwarcab Pramuka Kota Tegal melantik 1.446 siswa yang lolos uji Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega Garuda se-Kota Tegal.

Dari 1.446 Pramuka Garuda Kota Tegal yang dilantik, 12 diantaranya adalah Pramuka Penegak SMK YPT.

Pelantikan 1.446 Pramuka Garuda Kota Tegal dilanksanakan di  Bumi Perkemahan Bahari Kota Tegal, Senin, 20 Maret 2023. Prosesi pelatikan dilakukan langsung oleh Ka Kwarcab Kota Tegal, Kak Jumadi, dengan penyematan lencana.

Pelantikan disaksikan oleh Kak Ir. Agung Suparyoko Rahendrotomo selaku Waka Bidang satuan Kwarda Jawa Tengah, Ka Kwarran se-Kota Tegal, serta tamu undangan dewan kehormatan. 

BACA JUGA:Jelang Ujian Sekolah, 51 Santri SDIT Bias Asslam Kota Tegal Digembleng

Pelantikan Pramuka Garuda berjalan khidmat dengan dihadiri anggota pramuka, guru, karyawan, dan wali murid calon Pramuka Penggalang Garuda se Kota Tegal yang menjadi saksi perjuangan mereka bisa sampai pada tingkat tertinggi dalam gerakan pramuka ini. 

Adapun 12 siswa Penegak SMK YPT Kota Tegal di dampingi Ka Mabigus, Kak H Revonda Andestiadi SPd MM, selaku kepala SMK YPT Kota Tegal.

“Saya sangat bangga karena di Kota Tegal telah lahir para garuda garuda muda yang akan menjadi pionir, pembuka jalan kebaikan-kebaikan di pangkalan-pangkalan tercinta. Adik-adikku ini adalah perjalanan baru kalian yang harus kalian tempuh untuk mencapai hal-hal membanggakan lainya,” tutur Kak Jumadi.

Pelantikan berlangsung dengan dibacakannya beberapa janji yang ditirukan oleh para Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega Garuda. Di bawah bendera merah putih yang diletakkan pada dada sebelah kiri para calon Pramuka Garuda.

BACA JUGA:Latih Kemandirian Siswa, SD Tembok Luwung 4 Kabupaten Tegal Gelar Perjusa

Pelantikan ditandai dengan penyematan tanda Pramuka Garuda pada masing-masing Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega Garuda terlantik. 

Ada dua tanda yang disematkan pada Pramuka Garuda terlantik. Yakni badge untuk dikenakan pada pakaian pramuka dan, tanda logam yang digantungkan pita merah putih yang digunakan pada upacara resmi Pramuka.

Pelantikan selesai ditandai dengan pemberian ucapan selamat dari peserta upacara kepada 1.446 Pramuka Garuda terlantik. Tidak hanya itu, peserta upacara juga memberi ucapan selamat kepada para orang tua yang berhasil mendidik putra-putrinya menjadi Pramuka Garuda kebanggaan di Kota Tegal. *

Sumber: