Latih Kemandirian Siswa, SD Tembok Luwung 4 Kabupaten Tegal Gelar Perjusa

Latih Kemandirian Siswa, SD Tembok Luwung 4 Kabupaten Tegal Gelar Perjusa

Kepala SD Negeri Tembok Luwung 4 Agus Sukirno didampingi sejumlah guru lainnya saat menyalami anak-anak didiknya yang mengikuti Perjusa.-Yeri Noveli-

ADIWERNA, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Upaya membentuk karakter siswa agar mandiri, SD Negeri Tembok Luwung 4 menggelar Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dari mulai kelas 1 hingga 6.

"Jumlah total siswa kami sebanyak 191 anak. Terdiri dari 7 rombel. Semuanya ikut Perjusa," kata Kepala SD Negeri Tembok Luwung 4, Agus Sukirno, usai membuka Perjusa di sekolahnya, Jumat 17 Maret 2023.

Menurut Agus, berbagai agenda digelar untuk memeriahkan kegiatan tersebut. Antara lain, widegame, api unggun, pentas seni, renungan suci dan pembentukan karakter kemandirian.

Selama mengikuti kegiatan itu, para peserta Perjusa akan dinilai. Penilaian akan diberikan kepada Regu dan Barung.

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Bentuk Pilot Project Desa Pemuktakhiran DTKS Integratif

"Jadi nanti untuk Tergiat 1, 2 dan 3 akan mendapatkan piala penghargaan dari sekolah," ujarnya.

Agus mengemukakan, selain untuk melatih kemandirian dan membentuk moral siswa, kegiatan yang digelar pada Jumat hingga Sabtu 17-18 Maret 2023 itu, juga sekaligus untuk mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). 

Dia menjelaskan, P5 adalah salah satu inovasi dalam kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.

"Prinsipnya, kami ingin mendidik siswa supaya patuh terhadap orang tua dan tidak terjerumus ke hal yang negatif. Sehingga ketika sudah SMP/MTs, mereka tidak terlibat aksi tawuran," paparnya.

BACA JUGA:Hanya Diikuti 2 Pendaftar, Pilkades Antar Waktu Desa Capar Tegal Segera Digelar

Sementara, Fadli Fardiansyah (10) siswa kelas 4, mengaku senang mengikuti Perjusa yang dilaksanakan di sekolah selama dua hari itu.

"Saya sangat senang dan bahagia. Ramai, banyak kegiatannya," kata Fadli, siswa yang meraih Juara 2 Karate dalam ajang Popda Kabupaten Tegal, baru-baru ini. *

Sumber: