Dicurhati Belasan Pasar di Kabupaten Tegal Rusak Parah, Wakil Ketua DPRD Bilang Begini

Dicurhati Belasan Pasar di Kabupaten Tegal Rusak Parah, Wakil Ketua DPRD Bilang Begini

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rudi Indrayani didampingi dua Anggota Fraksi Gerindra Ade Krisna Mulyawan dan Syamsuri saat menemui Pengurus APPSI, di ruang kerjanya.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Di Kabupaten Tegal terdapat sebanyak 25 pasar tradisional. Dari jumlah tersebut, belasan pasar kondisinya rusak dan sangat memprihatinkan.

Hal itu terkuak saat sejumlah Pengurus Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Kabupaten Tegal mengadu ke Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Rudi Indrayani, di ruang kerjanya, Senin Maret 2023.

Dalam kesempatan itu, Ketua APPSI Kabupaten Tegal Dewayani Swamiyarto didampingi pengurus lainnya mengungkapkan, jika revitalisasi pasar yang sebelumnya sudah dianggarkan melalui APBD, kabarnya batal. 

Padahal, kondisi pasar di Kabupaten Tegal sangat memprihatinkan. Dicontohkan, Pasar Adiwerna. Kondisinya sudah tidak layak bagi para pedagang.

BACA JUGA:Kantor BRI Demangharjo Kabupaten Tegal Kebakaran, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Selain karena bangunannya sudah tua, pasar tersebut juga kerap banjir. Praktis, pendapatan para pedagang juga merosot drastis.

Tak terkecuali dengan Pasar Balamoa. Kondisinya sudah rusak dan butuh perbaikan. Begitu pula dengan pasar-pasar yang belum lama ini direvitalisasi. Seperti Pasar Pepedan, Kemantran, Margasari, Lebaksiu dan Bojong.

"Semuanya sudah rusak. Kalau hujan juga bocor. Kasihan para pedagang. Rutin bayar retribusi tapi pelayanan dari pemerintah kurang baik. Buktinya, pasar dibiarkan rusak begitu saja," cetusnya.

Dia berharap, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rudi Indrayani mampu memperjuangkan agar revitalisasi pasar segera direalisasi. Sehingga para pedagang dapat beraktifitas dengan aman dan nyaman.

BACA JUGA:Jelang Ramadan Polres Tegal Efektifkan Patroli Skala Besar

"Kalau bangunan tidak segera diperbaiki, kami khawatir bangunan itu roboh dan bisa memakan korban. Kami minta pemerintah jangan tutup mata. Secepatnya mengalokasikan anggaran untuk revitalisasi dan pemeliharaan," tegasnya.

Sementara itu, Rudi Indrayani mengaku bakal memperjuangkan aspirasi para pedagang yang tergabung dalam APPSI Kabupaten Tegal. 

Dirinya tak menampik, memang ada kabar bahwa Pemkab Tegal akan merevitalisasi 3 sampai 6 pasar di Kabupaten Tegal.

Untuk anggaran setiap pasar sekitar Rp6 miliar. Hanya saja, sampai sekarang belum terealisasi. Karena itu, pihaknya akan mendesak agar rencana tersebut segera direalisasi.

Sumber: