Jalur Kroyakan Longsor, Akses Doro-Petungkriyono Sempat Terisolir Selama Satu Hari

Jalur Kroyakan Longsor, Akses Doro-Petungkriyono Sempat Terisolir Selama Satu Hari

Petugas dan warga membantu mendorong motor yang melintasi jalur Kroyakan yang tertimbun longsor.-Hadi Waluyo-

TALUN, RADARTEGAL.COM - Jalur Kroyakan di Dukuh Kroyakan Desa Mesoyi Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan kembali diterjang bencana alam pohon tumbang dan longsor. 

Akibatnya, akses antar dua kecamatan yakni Doro-Petungkriyono sempat terisolir selama satu hari. 

Akses di jalur pegunungan itu bisa terbuka kembali pada Jumat 3 Maret 2023 sore.

Camat Petungkriyono Hadi Surono menerangkan, akibat hujan lebat sejak Kamis 2 Maret 2023 siang hingga malam hari, bencana alam terjadi di beberapa titik di jalur Kroyakan. 

BACA JUGA:Bus Peziarah Kecelakaan di Dekat Pintu Masuk Wisata Guci Tegal, Tabrak Dua Mobil

Salah satunya ada pohon besar tumbang dan menutup akses jalan. Beberapa titik longsor di Kroyakan juga menutup akses di jalur itu.

"Ada beberapa teman tadi malam yang ndak bisa pulang karena ada pohon besar tumbang dan ada pula longsor di Kroyakan. Itu masuknya wilayah Talun tapi akses utama dari Doro ke Petungkriyono," terangnya.

"Teman-teman dari KPP Pratama Pekalongan yang melakukan giat pajak di Petungkriyono tadi malam juga ndak bisa pulang karena jalan tidak bisa dilalui mobil akibat longsor di Kroyakan. Mereka akhirnya nginep di dekat kantor kecamatan di sini," ungkapnya.

Dikatakan, hingga Jumat pagi akses menuju Petungkriyono dari arah bawah (Doro) hanya bisa dilalui sepeda motor. Mobil belum bisa lewat. Sebab, ada meterial longsor di Kroyakan yang menutup badan jalan. 

BACA JUGA:Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Berlakukan Kebijakan Baru Pengelolaan Dana BOS

"Butuh alat berat untuk membersihkan longsor di Kroyakan," kata dia.

Kades Kayupuring Kecamatan Petungkriyono Cahyono mengatakan, akses menuju Petungkriyono dari jalur Doro - Kroyakan - Petungkriyono pada Jumat pagi belum normal. 

Ada 3 titik longsor di Kroyakan. Dua titik longsor bisa dilalui motor dan mobil. Satu titik longsor di Kroyakan tak bisa dilalui mobil. Motor bisa lewat tapi membahayakan dan harus didorong.

Meski jalur Kroyakan sudah bisa dilalui sepeda motor, namun dinilai masih membahayakan. Gundukan tanah longsor cukup tebal menutup badan jalan. Sehingga sulit dilalui dan licin. 

Sumber: radar pekalongan