Bupati Minta Anggaran Pembinaan Olahraga di Kabupaten Tegal Ditingkatkan

Bupati Minta Anggaran Pembinaan Olahraga di Kabupaten Tegal Ditingkatkan

Bupati Tegal Umi Azizah saat membuka Popda di GOR Indoor Trisanja Slawi.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal diminta agar memberikan perhatian lebih pada pembinaan olahraga prestasi di kalangan pelajar.

"Pembinaan harus ditingkatkan," kata Bupati Tegal Umi Azizah, saat membuka Popda 2023 di GOR Indoor Trisanja Slawi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Umi juga menghendaki supaya anggaran untuk pembinaan olahraga ditambah atau ditingkatkan. Baik melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) maupun sekolah-sekolah.

"Berikan uang saku pembinaan, belikan alat-alat ataupun kelengkapan personal yang menunjang para pelajar kita ini bisa masuk ke jalur olahraga prestasi," ujar Umi.

BACA JUGA:Minimalisir Kerawanan Kamtibmas Kapolres Tegal Sambangi Ruko Slawi

Umi memandang penyelenggaraan Popda ini selain sebagai ajang kompetisi olahraga prestasi juga panggung kebersamaan untuk memajukan kehidupan olahraga Kabupaten Tegal dengan mengejar ketertinggalannya dengan daerah lain.

“Popda adalah media seleksi awal untuk menjaring bibit-bibit muda berbakat juga atlet potensial dan berprestasi untuk berlaga, berkompetisi di tingkat provinsi yang harus dibina lebih serius lagi,” kata Umi.

Umi pun memandang penting tumbuhnya budaya olahraga di kalangan pelajar dan masyarakat. Selain menjadi kebutuhan pokok manusia, olahraga juga berfungsi sebagai sarana mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui ajang SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade.

”Saya percaya bahwa dengan rutin berolahraga tidak saja menjadikan tubuh ini sehat, tapi juga menjadikan pikiran, perilaku dan juga emosi ataupun perasaan kita lebih terkendali, lebih rileks,” ucapnya.

BACA JUGA:Perajin Sendal dari Limbah Kulit di Jepara Kebanjiran Order Setelah Dipromosikan Lapak Ganjar

Umi berharap, para atlet Popda bisa bangun semangat berprestasi, menjunjung tinggi sportivitas lewat kompetisi olahraga yang sehat. 

Adapun pada Popda Kabupaten Tegal Tahun 2023 ada 14 cabang olahraga yang dilombakan seperti panahan, atletik, catur, bulutangkis, sepak bola, renang, dan lainnya,

“Semangat terus untuk para peserta Popda. Semoga dapat mengharumkan nama baik sekolah, klub ataupun kecamatan dengan torehan prestasi terbaiknya,” pungkas Umi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni menjelaskan pelaksanaan Popda Tahun 2023 ini berlangsung selama tiga hari, pada 6-9 Februari 2023. Sedikitnya ada 3.000 peserta pelajar dari 18 kecamatan yang mengikuti ajang kompetisi itu.

Sumber: