32 Fasilitas Layanan Kesehatan di Brebes Melayani Rujukan Pengobatan Penderita HIV AIDS

32 Fasilitas Layanan Kesehatan di Brebes Melayani Rujukan Pengobatan Penderita HIV AIDS

Tim pemetaan HIV AIDS fasyankes menggelar rapat koordinasi optimalisasi VCT, perawatan dan pengobatan ODHA.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.COM - Sebanyak 32 fasilitas layanan Kesehatan di Kabupaten Brebes, sudah melayani perawatan dan pengobatan HIV AIDS. Jumlah tersebut, meliputi lima rumah sakit dan 27 puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan. 

Hal itu, menjadi komitmen upaya penanggulangan dan pengendalian HIV AIDS. Tujuannya, memperluas jangkauan dan memudahkan masyarakat mengakses layanan tersebut. 

Sebab, targetnya menjadi fokus pencegahan penyebaran dengan Suluh, Temukan, Obati dan Pertahankan HIV AIDS.

Kepala Dinkes Brebes melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Imam Budi Santoso menjelaskan, 32 fasyankes yang menjadi lokasi perawatan dukungan dan pengobatan HIV AIDS. 

BACA JUGA:Tekan Inflasi, Ganjar Fokus Turunkan Harga Beras dan Minyak di Jateng

Harapannya lebih menggugah kesadaran masyarakat rentan tertular dan berpotensi menularkan kembali. Sehingga, semua masyarakat bisa dengan mudah mengakses layanan tersebut sesuai kebutuhan.

"Lima rumah sakit rujukan perawatan dan pengobatan HIV AIDS. Yakni, RSUD Brebes, Bumiayu, Bakti Asih, Mutiara Bunda dan Siti Aminah," ungkapnya.

Sedangkan 27 puskesmas, lanjut Imam, meliputi Bumiayu, Banjarharjo, Jatirokeh, Salem, Winduaji, Losari. Kemudian, Puskesmas Kersana, Jatibarang, Bentar, Larangan, Bojongsari, Kluwut, Klikiran, Buaran, Ketanggungan, Kecipir. 

Selanjutnya, Wanasari, Kalimati, Kemurang Wetan, Luwunggede, Bantarkawung, Paguyangan, Cikeusal Kidul, Kaliwadas, Bandungsari, Tanjung, Siwuluh.

BACA JUGA:Talud SD Negeri 1 Traju Longsor, PMI Kabupaten Tegal Cepat Salurkan Bantuan

"Optimalisasi pemetaan titik rawan, juga terus dimaksimalkan. Fokusnya, Orang Dengan HIV AIDS, Lelaki Suka Lelaki, perilaku seks menyimpang, gonta-ganti pasangan dan tanpa pengaman. Kemudian, pekerja seks dan pasangan suami istri berisiko," terangnya.

Sementara itu, Plt Subkor Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular Fatqiatu Rohmah menambahkan, layanan rujukan tes Infeksi Menular Seksual juga bisa diakses di Puskesmas Bulakamba, Bumiayu, Kersana, Pemaron, Cikeusal Kidul, Bentar, Tanjung, Banjarharjo, Bandungsari, Jatibarang.

"Untuk distribusi layanan KT-HIV, sudah tersebar di 38 puskesmas, RSUD Brebes, Bumiayu, Bakti Asih, Siti Aminah, Derra Assyifa, Mutiara Bunda dan Labkesda Brebes," tandasnya. *

Sumber: