PPS Pemilu 2024 di Kabupaten Tegal Diminta Hindari Malpraktik Pemilihan Umum

PPS Pemilu 2024 di Kabupaten Tegal Diminta Hindari Malpraktik Pemilihan Umum

Bupati Tegal Umi Azizah bersama Ketua KPU Kabupaten Tegal, Nurokhman memberikan selamat kepada para PPS usai pelantikan.-Yeri Noveli-

BACA JUGA:Kronologi Penemuan Bayi Terbungkus Kardus Air Mineral di Pemalang

"Pesan ini penting saya sampaikan, dan saya titip betul agar Pemilu 2024 nanti bisa berjalan demokratis dan berintegritas. Sehingga ini juga menyangkut kinerja PPS yang harus berkualitas. Berkualitas ini tidak sekadar tahu akan tugas pokok dan fungsinya secara normatif, tapi lebih dari itu, mampu bertindak secara tepat dalam menterjemahkan regulasi, hingga operasionalisasi kebijakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tegal, Nurokhman, menjelaskan anggota PPS yang dilantik untuk persiapan Pemilu 2024 ini sebanyak 861 orang.

Setelah dilantik, para anggota PPS langsung melaksanakan proses tahapan sesuai tugasnya masing-masing.

"Yang dilantik sebanyak 861 PPS. Mulai besok mereka sudah langsung melaksanakan tahapan. Seperti tanggal 6 Februari melantik petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024. Untuk jumlah Pantarlih yang dilantik sebanyak 5.075 orang," kata Nurokhman.

BACA JUGA:Warga Pemalang Temukan Bayi Terbungkus Kardus Air Mineral di Depan Warung

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Kabupaten Tegal, Himawan TP, memaparkan proses seleksi anggota PPS sudah dilakukan mulai 18 Desember 2022 hingga 20 Januari 2023.

Dari proses awal sampai akhir, yang berhasil memenuhi syarat dan proses seleksi sebanyak 861 orang.

"Sebelumnya ada sekitar 2.500 orang yang sampai proses wawancara. Tapi dari jumlah itu yang lolos dan berhasil dilantik sebanyak 861 orang," pungkasnya. *

Sumber: