Luar Biasa! Dinilai Sangat Inovatif, Pemkab Tegal Diganjar Penghargaan IGA Award 2022 dari Mendagri

Luar Biasa! Dinilai Sangat Inovatif, Pemkab Tegal Diganjar Penghargaan IGA Award 2022 dari Mendagri

Bupati Tegal Umi Azizah saat menerima trofi penghargaan IGA Award 2022 untuk kategori Sangat Inovatif dari Menteri Dalam Negeri yang diwakilkan penyerahannya oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Wawan Mas’udi di Sasana -Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Komitmen Bupati Tegal Umi Azizah dalam meningkatkan daya saing daerah dan kualitas pelayanan publiknya lewat cara-cara yang inovatif kembali diapresiasi pemerintah pusat.

Pemkab Tegal dinilai layak mendapatkan penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022 untuk kategori Sangat Inovatif.

Seremonial penganugerahan IGA ini berlangsung di Sasana Bakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Jumat 23 Desember 2022.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat memberikan sambutannya mengatakan, inovasi adalah jantung perubahan. Negara melalui pemerintahannya harus terus berinovasi agar survive dan tidak terkooptasi oleh bangsa lain di tengah persaingan global yang semakin ketat dan kompetitif.

BACA JUGA:Selamat! Pemkab Tegal Raih Penghargaan KIP Award 2022, Predikat Menuju Informatif

Inovasi ini secara intenal harus terus ditumbuhkan dengan mendorong semua daerah berinovasi. Sehingga melalui skema otonomi daerah yang memberikan keleluasaan bagi daerah untuk bermanuver, ditambah sistem demokrasi di mana rakyat diberikan ruang untuk memilih kepala daerahnya secara langsung, maka tuntutan dari masyarakat agar daerahnya bisa melompat dan semakin maju sangat kuat.

Hal ini tentunya memerlukan langkah-langkah cepat dari setiap kepala daerah untuk membuat terobosan atau inovasi yang terkadang itu out of the box.

Tito mengungkapkan pertumbuhan iklim inovasi secara nasional sudah cukup baik, sekalipun dihadapkan pada kondisi pandemi. Pihaknya mencatat setidaknya ada 17.709 inovasi di tahun 2020.

Jumlah ini meningkat menjadi 25.124 inovasi di tahun 2021 dan 26.900 di tahun 2022 dari 542 pemerintah daerah.

BACA JUGA:Kapolres Tegal Turun Langsung Amankan Perayaan Malam Natal 2022

Lebih lanjut Tito mengatakan, penganugerahan IGA Award ini adalah bentuk pengakuan pemerintah pusat pada kinerja pemerintah daerah.

Selain menumbuhkan iklim kompetitif antardaerah, kepala daerah yang mendapatkan award tentunya juga akan termotivasi kuat untuk bekerja lebih hebat.

“Dengan adanya reward seperti ini maka masyarakat akan bisa melihat siapa pemimpin (kepala daerah) yang baik, yang bagus dan siapa pemimpin yang biasa-biasa saja, bussiness as usual, bekerja rutin-rutin saja,” kata Tito.

Sementara itu, ditemui usai acara penganugerahan, Bupati Umi mengaku senang pihaknya kembali mendapat kepercayaan dari Kementerian Dalam Negeri dalam berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan publiknya, memperbaiki tata kelola pemerintahan dan pembangunan daerah.

Sumber: