Produk UMKM Kabupaten Tegal Bakal Go Internasional, Dubes RI Bilang Sudah Bisa Diekspor

Produk UMKM Kabupaten Tegal Bakal Go Internasional, Dubes RI Bilang Sudah Bisa Diekspor

Dubes RI untuk Korea Utara, Berlian Napitulu dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi Golkar Agus Solichin foto bersama dengan para pelaku UMKM, di Ruang Banggar DPRD Kabupaten Tegal.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tegal mulai naik kelas. Tidak lama lagi, produk tersebut bakal go internasional menembus ke manca negara, seperti Korea Selatan, Korea Utara, Filipina, Jepang, Dubai dan beberapa negara di Asia lainnya.

Hal itu dibuktikan dengan hadirnya Duta Besar (Dubes) RI untuk Korea Utara, Berlian Napitulu di kantor DPRD Kabupaten Tegal, baru-baru ini.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi Golkar Agus Solichin dan sejumlah pelaku UMKM di Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Brebes.

BACA JUGA:Kronologi Kebakaran Gedung MTsN 1 Pemalang, 7 Asrama dan Kantin Hangus, Kerugian Sekitar Rp500 Juta

Menurut Berlian Napitulu, produk UMKM dari Kabupaten Tegal ini sudah cukup bagus. Bahkan, untuk pemasarannya tidak hanya di Indonesia, tapi juga bisa naik kelas diekspor ke sejumlah negara tetangga.

Kendati kemasannya sudah bagus dan rasanya juga enak, Berlian menyarankan agar di luar kemasan diberi informasi tentang kandungan makanannya. Sehingga konsumen bisa yakin untuk membeli produk tersebut.

"Produk UMKM disini sudah cukup bagus. Sudah memenuhi standar Nasional bahkan Internasional. Dan ini bisa dikembangkan di berbagai kota di Indonesia dan negara tetangga," ujarnya.

BACA JUGA:Seorang Pemancing di Pemalang Mendadak Kejang Lalu Meninggal Dunia di Warung

Dia berharap, para pelaku UMKM juga harus aktif memasarkan produknya melalui media sosial (Medsos). Seperti Instagram, TikTok maupun lainnya. Sehingga, pemasaran lebih merata dan dikenal oleh masyarakat luas.

"Walaupun para pelaku UMKM sudah banyak yang lanjut usia, saya sarankan agar tetap belajar menggunakan medsos. Nanti bisa belajar sama anak-anaknya yang sudah lihai bermain medsos," ujarnya.

Sementara, Agus Solichin mendorong produk UMKM di Kabupaten Tegal dapat naik kelas. Saat ini, sudah ada 20 UMKM yang bakal menembus manca negara. 

BACA JUGA:Final Piala Dunia 2022 Qatar, Argentina Juara, Messi Pemain Terbaik, Mbappe Top Skor

Mereka juga saat ini sudah masuk di sejumlah mal modern di Jakarta, termasuk Tamini Square dan Induk Koperasi TNI. 

Adapun, produk UMKM itu diantaranya, keripik pisang, kacang bawang, kacang selimut, rengginang singkong dan beberapa produk lainnya. Dipastikan, produk itu memenuhi standar internasional.

Sumber: