Kebutuhan Darah di Kabupaten Tegal 40-50 Kantong Sehari, PMI Targetkan 19.000 Kantong Darah Pada 2023

Kebutuhan Darah di Kabupaten Tegal 40-50 Kantong Sehari, PMI Targetkan 19.000 Kantong Darah Pada 2023

Ketua PMI Kabupaten Iman Sisworo menyerahkan penghargaan kepada pendonor penggiat. Tahun 2023, PMI Kabupaten Tegal menargetkan perolehan darah sebanyak 19.000 kantong.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal menargetkan perolehan darah pada tahun 2023 mendatang sebanyak 19.000 kantong.

Hal itu terkuak dalam acara temu koordinator atau penggerak dan evaluasi kegiatan kelompok donor darah sukarela PMI Kabupaten Tegal, di Gedung PMI setempat, Kamis 8 Desember 2022.

Dalam acara itu, PMI juga menyerahkan penghargaan kepada para pendonor tergiat sejak tahun 2014-2015 hingga sekarang. Ada 4 penggerak DDS yang mendapat penghargaan. 

Antara lain, Dini Slais Hidayah, warga Desa Kedawung Kecamatan Bojong sejak tahun 2014. Yuliastanti, warga Desa Danasari Kecamatan Bojong sejak tahun 2015. 

BACA JUGA:Ribuan Bikers Meriahkan Jambore Nasional ke-5 Yamaha Riders Federation Indonesia di Yogyakarta

Haris Muttaqin, warga Desa Kedungkelor Kecamatan Warureja sejak tahun 2015 dan Hj. Bariroh, warga Desa Tuwel Kecamatan Bojong sejak tahun 2015.

Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Tegal yang rata-rata antara 40-50 kantong dalam satu hari.

UDD PMI Kabupaten Tegal telah melaksanakan kegiatan donor darah keliling dengan Mobile Unit (MU) Donor Darah yang bekerja sama dengan kelompok donor darah sukarela.

BACA JUGA:Minimarket Ritel Modern di Kabupaten Tegal Harus Pasarkan Produk UMKM Lokal

Baik dari Dinas Pemerintah, Instansi, Sekolah Swasta/Negeri, Desa, Ormas Sosial, Ormas Keagamaan, Komunitas, Karang taruna maupun perusahaan.

Menurutnya, untuk memenuhi target sebanyak 19.000 kantong pada tahun 2023 itu, maka perlu melakukan pendekatan dan koordinasi dengan para penggerak atau koordinator kelompok donor darah sukarela.

Iman berharap, target produksi darah UDD PMI Kabupaten Tegal meningkat 30 persen. Selain itu, penggerak atau koordinator kelompok donor darah sukarela termotivasi meningkatkan jumlah pendonor di kelompoknya masing-masing.

BACA JUGA:Daftar Artis yang Bakal Tampil di Ajang AAA 2022 di Jepang, Ada Hwang Min Hyun dan Lyodra Ginting

"Prinsipnya, kegiatan ini sekaligus untuk monitoring dan evaluasi MU Donor Darah UDD PMI Kabupaten Tegal. Termasuk untuk meningkatkan produksi darah, sehingga bisa memenuhi permintaan dari Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) dan masyarakat," ujarnya.

Sumber: