Kades Jejeg Tegal Diduga Pakai BLT Dana Desa, Warga Kecewa Mendatangi Kantor Desa

Kades Jejeg Tegal Diduga Pakai BLT Dana Desa, Warga Kecewa Mendatangi Kantor Desa

Warga kecewa dan mendatangi Kantor Desa Jejeg Kabupaten Tegal karena diduga BLT Dana Desa dipakai Kades.-Yeri Noveli-

BUMIJAWA, RADARTEGAL.COM - Sejumlah warga Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal mengaku kecewa. Sebab Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) diduga sebagian dipakai oleh kepala desa (Kades) setempat.

Kekecewaan itu tampak saat puluhan warga mendatangi Kantor Desa Jejeg, Jumat 18 November 2022. Mereka sengaja datang ke balai desa lantaran ada informasi jika BLT DD tahap 3 akan dibagikan di hari itu juga.

"Ada pemberitahuan surat edaran di group WA (Whatsapp) untuk pencairan BLT. Saya bersama warga lainnya yang tahu pun langsung datang ke sini (balai desa) dan menanyakan hal itu. Namun ternyata zonk dan uangnya sudah dipakai pak kades," kata seorang warga Jejeg, Suhardi saat ditemui di Kantor Desa Jejeg. 

BACA JUGA:Beruntung! Gadis SMP Dapat Motor, KTP Terpaksa Pinjam sang Ibu

Dia mengungkapkan, informasi pencairan BLT beredar di grup WA RT02 dan RT04 RW02. Karena itulah, warga yang mengetahui adanya surat edaran tersebut mendatangi kantor desa. 

Namun, ternyata belum juga cair. Padahal, BLT DD tahap 3 untuk bulan Juli, Agustus dan September, seharusnya sudah disalurkan. 

“Harusnya saya menerima Rp900 ribu untuk 3 bulan,” cetusnya.

Suhardi mengaku mendapat informasi bahwa uang BLT DD telah dicairkan dari Kas Desa. Namun, uang itu belum juga dibagikan ke keluarga penerima manfaat (KPM). Bahkan, ada KPM yang belum menerima BLT DD untuk tahap 2.

BACA JUGA:Semarak HUT ke-22 Radar Tegal: Tetap Berkarya, 4 Kepala Daerah, DPRD dan Kapolres Terima Penghargaan

"Kejadian ini saya sangat kecewa, padahal bantuan itu sangat saya tunggu-tunggu dan saya merasa dibohongi," keluhnya.

Warga lainnya, Jumaroh (51) yang saat itu berada di Balai Desa Jejeg juga mengaku belum menerima BLT DD. Bahkan dia mengaku juga baru satu kali menerima bantuan di tahun ini.

"Cuma dikasih satu kali saja, sebesar Rp300 ribu, tepatnya setelah habis Lebaran kemarin," ucapnya.

Terpisah, Kades Jejeg, Saeful Amin mengakui telah menggunakan uang BLT DD. Akan tetapi, dia akan bertanggungjawab sepenuhnya mengganti bantuan tersebut.

BACA JUGA:Video Mesum Diduga Carik di Brebes dengan Pendamping Desa Beredar Luas di Medsos

Sumber: