Iklan sukun new

Melaju ke National Championship, Ini Para Jagoan Energen Champion SAC Kalimantan Qualifiers yang Siap Tempur

Melaju ke National Championship, Ini Para Jagoan Energen Champion SAC Kalimantan Qualifiers yang Siap Tempur

Para jawara Kalimantan Qualifiers yang lolos ke babak National Championship.--

KALSEL, RADARTEGAL.COM - Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia - Kalimantan Qualifiers sukses digelar. Para pemenang bukan hanya mengamankan podium juara. Khusus kategori SMA, para juara dan runner-up akan berlaga di babak National Championship di Jakarta.

Ketua Pengprov PASI Kalimantan Selatan (Kalsel) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) H. Sarmidi memberi apresiasi tinggi atas penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia - Kalimantan Qualifiers. Menurutnya, ajang ini bagus untuk memperkenalkan atletik. 

"Mereka yang belum pernah berlomba di atletik, akhirnya ikut merasakan perlombaannya. Sedangkan mereka yang sudah pernah berlomba, bisa menambah jam terbang untuk meraih hasil lebih baik lagi ke depannya. Saya berharap mereka yang lolos ke National Championship, bisa menjadi juara nasional," ucap Samidi.

Sementara itu, salah satu atlet nasional kebanggaan Kalsel di nomor lari jarak pendek, Akhmad Amirudin menilai event ini sangat efektif. Terutama untuk mencari anak-anak yang berpotensi. 

BACA JUGA:UMKM Kerajinan Gamelan Jatiteken Sukoharjo Go Internasional Berkat Lapak Ganjar, Tembus Pasar India dan Kanada

“Dari penyelenggaraan seperti ini, kita bisa melihat. Terutama pada ayunan tangan atau ayunan kaki. Kalau hasilnya bagus bisa ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Salah satu yang menonjol dari Kalimantan Qualifiers adalah aksi pecah rekor di nomor jauh putri. Yang dimenangkan oleh Winney Maharati Ruung. Siswi SMAN 1 Tanjung Kabupaten Tabalong itu mengantongi lompatan sejauh 4,7 meter.

Dengan hasil ini, Winney sementara mencatat jarak terjauh di antara tiga qualifiers lain. Yakni Bali-Nusa Tenggara Qualifiers (Mataram), Papua Qualifiers (Mimika) dan Yogyakarta Qualifiers (Yogyakarta).

Selanjutnya, Winney dan para juara National Championship yang lain masih akan berlomba akan berjuang kembali di Jakarta, pada 9-11 Desember mendatang. Ia akan bertemu perwakilan dari qualifiers yang lain. Para juara di babak National Championship akan berkesempatan untuk mengikuti training di Australia. 

BACA JUGA:Yamaha FreeGo 125 Connected, Motor Amazing Matic dengan Fitur Canggih, Yuk Intip Harganya Gaes

Sementara itu, SMPN 1 Banjarbaru menutup Energen Champion SAC Indonesia - Kalimantan Qualifiers dengan full senyum. Sebab, mereka berhasil mengawinkan podium juara di nomor estafet 5x80 meter putra dan putri. Seperti harapan Sarmidi, bakat-bakat inilah yang akan mengharumkan nama Kalimantan nanti. Bahkan Indonesia kelak.

Energen Champion SAC Indonesia - Kalimantan Qualifiers diikuti oleh lebih dari 2.200 dari 117 sekolah. Digelar 28-30 Oktober di Lapangan JPOK Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Kompetisi tersebut melombakan lima main event, yakni sprint, middle distance, relays, long jump hingga shot put. Serta dua supporting event, yakni Formula One dan Kanga’s Escape. 

Berikut Daftar Juara yang Melaju ke Babak National Championship:

Juara Long Jump Putri:

Sumber: