Lahan Terancam Lenyap, Seribu Bibit Mangrove Ditanam Cegah Abrasi

Lahan Terancam Lenyap, Seribu Bibit Mangrove Ditanam Cegah Abrasi

TANAM MANGROVE - Sejumlah Kader DPD Partai Nasdem Brebes saat menanam mangrove.-Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-

BREBES, radartegal.com- Dalam beberapa bulan terakhir, ribuan hektare di wilayah Kabupaten Brebes, khususnya di Kecamatan Brebes lenyap diterjang banjir rob. Salah satu kerusakan terparah di wilayah pesisir Kabupaten Brebes, berada di Desa Randusanga Kulon dan Desa Randusanga Wetan Kecamatan Brebes. 

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dan sejumlah kantor. Salah satunya oleh DPD Partai Nasdem Kabupaten Brebes yang melakukan penanaman seribu bibit mangrove di lahan tambak milik warga yang ada di Dusun Sigempol Desa Randusanga Kulon.

Ketua DPD Partai Nasdem Tarwanto yang didampingi Sekretaris Slamet Abdul Dhofir mengungkapkan, penanaman seribu bibit pohon mangrove dilakukan sebagai kepedulian Partai Nasdem kepada kondisi Pantai Utara Brebes.

"Menanam mangrove ini sebagai salah satu kepedulian kami terhadap lingkungan. Terutama mengantisipasi terjadinya rob dengan menanam mangrove," ujarnya, Senin 29 Agustus 2022.

Kondisi pesisir Pantai Utara (Pantura) yang terus tergerus, menyebabkan ribuan lahan tambak hilang dan jalanan wilayah pantai di pedesaan ikut terendam banjir rob.

"Kita sangat prihatin atas kondisi pesisir pantura yang terus terkikis, di mana abrasi menerjang mulai dari ujung barat hingga ujung timur wilayah Kabupaten Brebes," jelasnya.

Program awal, kata dia, pihaknya menanam seribu pohon bibit mangrove. Ke depan pihaknya akan terus berlanjut agar wilayah pesisir pantai utara bisa diselamatkan.

Sementara, kader Partai Nasdem yang sekaligus petani tambak, Subarkah mengaku jika abrasi di wilayah pesisir utara Kabupaten Brebes sudah sangat parah khususnya di wilayah Desa Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan Kecamatan Brebes. 

Lebih lanjut, dirinya mengatakan abrasi di Brebes sudah berlangsung lama sejak belasan tahun lalu. Namun abrasi di tahun ini justru paling parah dibandingkan abrasi tahun-tahun sebelumnya.

"Sayangnya yang menjadi kendala yakni di saat terjadi air pasang laut, pohon yang baru ditanam ikut diterjang banjir rob yang menerjang. Dan petani tambak di wilayah Kecamatan Brebes saja total mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah," pungkasnya. (ded/adv/ima)

Sumber: