Abu Janda Diminta Bertaubat Usai Ketahuan Edit Video Hoaks Anies Baswedan soal ACT

Abu Janda Diminta Bertaubat Usai Ketahuan Edit Video Hoaks Anies Baswedan soal ACT

--

JAKARTA - Pegiat media sosial, Permadi Arya atau yang lebih terkenal dengan sebutan Abu Janda diminta anggota DPRD DKI M Taufik segera bertaubat. Permintaan M Taufik itu dilakukannya usai Abu Janda ketahuan menyebarkan video hoaks.

Video hoaks yang disebarkan Abu Janda adalah tayangan tentang Anies Baswedan di media sosial Instagramnya. "Ya, Abu Janda supaya bertaubat lah," ujar M Taufik, Kamis (7/7).

Mantan pimpinan DPRD DKI Jakarta itu heran dengan tingkah Abu Janda yang setiap hari menyebar kebencian dan fitnah di media sosialnya. "Masa, sih, hidup hari-hari menebar kebencian dan mendorong permusuhan terus."

Ya, sejak kemarin Abu Janda memang menjadi sorotan di media sosial, usai unggahan di akun instagramnya. Abu Janda diketahui mengunggah tayangan video hasil editan atau video hoaks yang memperlihatkan Anies Baswedan berbicara tentang lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Dalam video yang diunggah oleh Abu Janda melalui akun @permadiaktivis2,  Anies berbicara tentang ACT. Namun terdengar ada yang aneh dalam pernyataan Anies tersebut. 

Sebab ucapannya dibalik bahwa orang kurang memberikan kepada orang berpunya. Berikut ucapan Anies dalam video yang diunggah oleh Abu Janda:

"Bahwa ACT menciptakan suatu sistem di mana mereka yang kekurangan memberikan kepada mereka yang berpunya, mereka yang membutuhkan memberikan kepada mereka yang berlebih, sistem ini merupakan sebuah pendekatan yang amat menarik dan ini adalah salah satu contoh inovasi profit tapi insyaallah this is always for benefit," demikian ucapan Anies dalam video yang telah diedit itu. 

Unggahan itu diunggah oleh Abu Janda Rabu 6 Juli 2022 kemarin. Dia juga sertakan keterangan video berikut: "Pak @aniesbaswedan menjelaskan sistem ACT Aksi Cuan Terus (Parodi) akhirnya jadi jelas setelah dijelaskan pak anies. ngopi gaes," tulis Abu Janda.  

Video unggahan Abu Janda itu aslinya milik ACT. Dalam video asli, ucapan Anies berbeda dengan yang diunggah oleh Abu Janda.

Sehingga video Abu Janda dipastikan hasil editan. Berikut ucapan Anies dalam video aslinya:

"Bahwa ACT langsung bertindak cepat, langsung bertindak tanggap, menciptakan suatu sistem di mana mereka yang berpunya, memberikan kepada mereka yang kekurangan. Mereka yang berlebih memberikan kepada mereka yang membutuhkan," kata Anies.

Setelah ketahuan merupakan video hoaks, Abu Janda buru-buru mengedit keterangan videonya. Dia menambahkan kata parodi dan mengedit keterangan videonya, sehari setelah video hoaks itu di postingannya. 

"Parodi = humor plesetan buat lucu lucuan," tulis Abu Janda.

Sumber: fin.co.id