Videotron Pertama di Kabupaten Tegal Diresmikan, Umi Azizah: Harus Informatif dan Eye Catching

Videotron Pertama di Kabupaten Tegal Diresmikan, Umi Azizah: Harus Informatif dan Eye Catching

Videotron pertama di Kota Slawi Kabupaten Tegal di Simpang PLN Slawi diresmikan penggunaannya, Selasa (24/5). Peresmian videotron itu diharapkan mampu menyampaikan informasi kebijakan pemerintah kepada masyarakat.

Peresmian dihadiri Bupati Tegal, Umi Azizah beserta jajarannya, forkopimda plus Kabupaten Tegal, CEO Antara Digital Media, Darmanto, dan para pejabat lainnya. Peresmian ditandai dengan pemencetan timbol remot videotron oleh Bupati Umi, Deputi VII Kemenko Polhukam Arif Mustofa dan CEO Antara Digital Media Darmanto. 

Deputi VII Kemenko Polhukam, Arif Mustofa mengatakan, tahun 
2022 ini ditargetkan 187 robot lagi dan 27 videotron termasuk di Kabupaten Tegal. Upaya itu dilakukan dalam rangka mengimplementasikan program prioritas Menko Polhukam untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan menunjang keberhasilan pembangunan daerah. 

"Berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik bertujuan untuk menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik, serta alasan pengambilan suatu keputusan publik," katanya. 

Selain itu, tambah Arif Mustofa, mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik, mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan serta mengetahui alasan kebijakan publik yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak.

"Salah satu tugas kami, yakni mengelolaan informasi dan komunikasi publik serta diskriminasi informasi yang menjadi salah satu kebijakan pemerintah prioritas program tahun 2022,” tambahnya. 

Untuk menyukseskan program itu, lanjut Arif Mustofa, Kemenko Polhukam melakukan koordinasikan dengan berbagai kementrian dan lembaga serta stakeholder terkait menunjuang program tersebut.

Pihaknya juga memberikan kepastian untuk berbagai inisiatif dan upaya dalam menyebarluaskan informasi, seperti kolaborasi Pemerintah Pusat, Kabupaten Tegal, dan Antara Digital Media. Dirinya meyakini plafon destinasi informasi yang dimiliki Kabupaten Tegal ini menjadi salah satu saluran kebijakan pemerintah yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Tegal. 

Sementara itu, Bupati Tegal, Umi Azizah menuturkan, kehadiran videotron ini tentunya sangat bermanfaat bagi penguatan literasi masyarakat akan informasi dan penguatan pengetahuan di tengah ekosistem digital yang berkembang cepat saat ini.

Videotron ini adalah sarana komunikasi yang efektif untuk menumbuhkan semangat, membangun optimisme masyarakat agar bangkit dan maju bersama membangun negeri.

Dirinya berharap masyarakat akan mendapatkan asupan informasi yang faktual, aktual, dan solutif serta menghindarkan diri dari jebakan hoaks, informasi palsu, hingga informasi salah yang membanjiri berbagai media, terutama media sosial.

Selain menciptakan konten atau narasi pemberitaan yang positif, pihaknya minta peran dari seluruh organisasi perangkat daerah melalui Dinas Kominfo untuk berkontribusi mengisi slot yang telah disediakan.

Selain itu, Umi meminta meningkatkan kualitas tayangannya yang lebih informatif dan eye catching. Kehadiran videotron yang untuk pertama kalinya di Kabupaten Tegal ini tidak hanya sekadar media publikasi dan informasi, tapi juga menambah kesan semarak wajah Kota Slawi dengan memanjakan mata setiap pengendara atau pengguna jalan yang melintas. (guh/zul)

Sumber: