Warga Diminta Waspada Aktivitas Gunung Anak Krakatau, 6 Desa di Lampung Berpotensi Tinggi Tsunami

Warga Diminta Waspada Aktivitas Gunung Anak Krakatau, 6 Desa di Lampung Berpotensi Tinggi Tsunami

Terakhir, ada 8 Kelurahan di Bandar Lampung yakni Kelurahan Kangkung dan Bumi Waras di Kecamatan Bumi Waras. Dilanjutkan, Kelurahan Srengsem, Panjang Selatan, Panjang Utara, Pidada, dan Karang Maritim di Kecamatan Panjang.

Dikutip dari Kantor Berita RMOLLampung, Rabu (27/4), BMKG Lampung mengatakan, wilayah rawan tsunami ini dapat digunakan sebagai acuan pemerintah daerah dalam menentukan prioritas lokasi program penanggulangan bencana dan pembangunan berbasis pengurangan risiko bencana.

Informasi ini sebagai upaya peningkatan kesadaran dan kesiapsiagaan bagi masyarakat dan pemerintah daerah, dengan memberikan pemahaman akan kondisi kebencanaan yang ada di daerahnya.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi gelombang tinggi/tsunami terutama di malam hari. BMKG bersama PVMBG dan Badan Geologi terus melakukan monitoring perkembangan aktifitas GAK dan muka air laut di Selat Sunda.

"Waspada bukan evakuasi, waspada artinya tetap berhati hati dengan tetap memperhatikan informasi dari BMKG PVMBG dan Badan Geologi," tutup keterangan BMKG Lampung. (rmol/zul)

Sumber: