Jalani Sidang Kasus Hoax, Penceramah Bahar Smith Ditanya Hakim: Habib Sehat?

Jalani Sidang Kasus Hoax, Penceramah Bahar Smith Ditanya Hakim: Habib Sehat?

Menjalani persidangan dalam kasus penyebaran berita bohong dalam ceramahnya di Kabupaten Bandung.
Penceramah Bahar Smith pagi ini kembali menjadi sorotan.

Dalam persidangan, Hakim mengawali dengan pertanyaan kesehatan Bahar. 

“Habib sehat?,” tanya Hakim di ruang sidang PN Bandung, Selasa (5/4).

Terdakwa kemudian menjawab bahwa kondisinya dalam keadaan baik dan sehat. Hakim melanjutkan bertanya nama dan pekerjaan yang bersangkutan.

Hakim lalu mengonfirmasi kebenaran Bahar tidak berkenan hadir dalam sidang online, pekan lalu. Bahar meminta maaf kepada majelis hakim, jaksa dan kuasa hukumnya karena ia tidak menghadiri sidang online tersebut.

Habib Bahar hadir dengan mengenakan peci krem kemudian sorban putih dan gamis putih serta sarung putih, dengan masker yang tetap terpasang. 

Terdakwa kasus penyebaran berita bohong (hoax) itu duduk di kursi pesakitan Ruang Sidang 1 Pengadilan Negeri (PN) Bandung Kelas 1A Khusus di Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung. Dengan agenda mendengarkan dakwaan.

“Saya ingin meminta maaf kepada majelis hakim dan jaksa dan pengacara atas ketidakhadiran saya minggu kemarin,” ucap Bahar di hadapan hakim.

Ia pun menjelaskan alasan ketidakhadirannya dalam sidang online karena pengalamannya dalam sidang yang pernah dia jalani sebelumnya.

“Saya memang tidak mau sidang online karena yang saya alami di lapas Sindur, pernah sidang online, itu banyak gangguan jaringan sehingga bagi saya tidak efektif,” kata Bahar.

“Seperti sinyal ya?” kata hakim bertanya. 

“Iya, seperti sinyal dan lain-lain,” Bahar menjawab.

Bahar juga berterimakasih kepada hakim karena telah mengabulkan permintaan dirinya untuk menjalani sidang offline di ruang sidang. 

“Saya teirma kasih yang mulia sudah menerima permintaan saya,” ucap Bahar.

Sumber: