Kerap Kebanjiran, Warga Randugunting, Kota Tegal Usul Saluran-saluran di Pemukiman Diperbaiki

Kerap Kebanjiran, Warga Randugunting, Kota Tegal Usul Saluran-saluran di Pemukiman Diperbaiki

Meski hanya berlangsung sesaat, sejumlah titik di wilayah Kelurahan Randugunting Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal kerap tergenang air saat diguyur hujan deras. 

Karenanya, mereka mengusulkan adanya perbaikan saluran sehingga masalah genangan air bisa segera teratasi. 

Anggota DPRD Kota Tegal Moh. Sefrudin saat menggelar reses pada Jumat (4/2) sore mengatakan dalam kesempatan itu, sebagian besar warga mengusulkan adanya perbaikan saluran. Sehingga, banjir yang kerap terjadi saat musim penghujan bisa segera diatasi. 

"Rata-rata mengusulkan perbaikan saluran agar tidak ada lagi genangan," katanya. 

Karenanya, kata Sefrudin, dirinya akan fokus memperjuangkan aspirasi masyarakat dan ikut memberikan solusi terbaik. Nantinya akan diupayakan crossing aliran di wilayah yang terdampak genangan dan banjir ke tempat yang alirannya lancar. 

"Kalau wilayah yang kerap tergenang di antaranya Jalan Cendrawasih, Merak dan Garuda. Saya pernah terjebak banjir di sana," tandasnya. 

Menurut Sefrudin memang perlu ada penanganan khusus. Karenanya, dia akan menindaklanjuti dengan menggandeng OPD terkait. 

Selain saluran, permasalahan BPJS juga sempat diutarakan. Utamanya, masyarakat menengah ke bawah yang belum tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

"Saat ini masyarakat Kota Tegal dapat menunjukkan KTP untuk berobat. Itu sejalan dengan program Universal Health Coverage (UHC)," ujarnya. 

Nantinya, cukup menunjukkan KTP, kemudian NIK dicek. Maka masyarakat Kota Tegal bisa mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit mana pun. 

"Insya Allah di akhir 2022 ini Kota Tegal sudah UHC," pungkasnya. (muj/ima)

Sumber: