Anies Baswedan ke Giring: Kalau Kita-kita yang Agak Sibuk Ini, Nggak Cukup Waktu untuk Keliling-keliling

Anies Baswedan ke Giring: Kalau Kita-kita yang Agak Sibuk Ini, Nggak Cukup Waktu untuk Keliling-keliling

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya menjawab berbagai kritikan dan tudingan terhadapnya, setelah sekian lama tak meresponnya. Anies menjawab serangan tentang penyelenggaraan Formula E dengan sindiran ke pihak yang menyerangnya. 

Sejak pertengahan 2021 lalu, saat Fraksi PDIP dan PSI DPRD DKI Jakarta mendorong hak interpelasi untuk penyelenggaraan balapan mobil listrik, Anies tetap diam. Anies Baswedan tak mau berkomentar apapun, baik saat diserang lawan politiknya, maupun saat ditanya wartawan.

Anies Baswedan juga tetap diam saat Ketua Umum PSI Giring Ganesha yang melakukan sidak ke lokasi yang akan dijadikan Sirkuit Formula E di Ancol, 5 Januari lalu. Saat itu, Giring secara “dramatis” kejeblos lumpur.

Kini, Anies Baswedan mulai bicara. Dalam sebuah acara podcast di akun YouTube Total Politik yang tayang kemarin, mantan Rektor Universitas Paramadina ini mengatakan kasihan ke Giring.

Sindiran itu dilontarkan Anies Baswedan ketika menjawab host podcast terhadap ulah Giring di Ancol. “Kasihan juga ya, waktunya longgar betul… He-he-he,” ucap Anies menyindir Giring PSI, sambil tertawa.

Sontak, dua host yang memandu podcast itu tertawa ngakak. “Kalau kita-kita yang agak sibuk ini, nggak cukup waktu untuk keliling-keliling, nggak perlu begitu,” lanjutnya cekikikan.

Tapi, Anies Baswedan enggan mengomentari lebih jauh soal aksi sidak Giring. Ia hanya menyarankan agar kritik disampaikan dengan fakta, agar berfaedah dan tidak menimbulkan fitnah.

“Saya nggak usah komentar deh yang gitu-begitu,” imbuhnya.

Ia menganggap terlalu banyak spekulasi dalam isu Formula E yang berkembang di publik. Padahal, sejauh ini yang dikerjakan Pemprov DKI masih di jalur prosedur biasa.

Termasuk tidak harus minta tolong Presiden terkait penentuan lokasi sirkuit, sebagaimana pernah diramaikan.

“Tidak membahas soal lokasi Formula E diminta tolongkan kepada Pak Presiden. Bukan, Pak Presiden itu urusannya besar, ini terlalu remeh-temeh dititipkan kepada beliau,” jelasnya.

Anies juga membantah tuduhan anggaran jumbo ajang balapan mobil listrik untuk modal nyapres. Meskipun untuk commitment fee saja, Pemprov sudah membayar setengah triliun lebih. Tepatnya Rp560 miliar.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menerangkan, semua kebutuhan biaya itu ada perhitungannya. “Ada feasibility study, ada perhitungan semua. Termasuk ketika kita bicara tentang dampak ekonominya,” tuturnya.

Lagi pula, kata Anies, komponen terbesar dari anggaran yang digelontorkan untuk Formula E akan berputar di dalam negeri. Sehingga berdampak positif secara ekonomi bagi masyarakat DKI. Bukan buat ‘jatah preman’ Formula E.

Sumber: