Timnas Indonesia Kalah Telak 18-0 dari Timnas Australia, Bomber Chelsea Cetak Lima Gol

Timnas Indonesia Kalah Telak 18-0 dari Timnas Australia, Bomber Chelsea Cetak Lima Gol

Laga perdana Grup B Piala Asia Wanita 2022 di India mempertandingkan Timnas Indonesia melawan favorit juara Timnas Australia. Hasilnya, Garuda Pertiwi harus mengakui keunggulan 18-0 di Stadion Mumbai, Jumat (21/1) petang.

Timnas Australia yang dikomandoi pemain Chelsea, Samantha Kerr sudah unggul 9-0 atas Timnas Putri Indonesia di babak pertama. Empat dari sembilan gol Australia itu dicetak oleh pemain The Blues Wanita itu.

Sam Kerr (sapaannya) sudah membuka keunggulan mampu menjebol gawang Timnas Indonesia yang dikawal Fani Supriyanto. Dua menit kemudian, Indonesia kembali kebobolan.

Lagi-lagi, Kerr mampu menjebol  gawang Garuda Pertiwi, usai menerima umpan dari Emily van Egmond. Indonesia praktis kesulitan untuk melakukan tekanan serangannya selalu patah di tengah jalan.

Pada menit ke-12  Indonesia mampu melakukan serangan. Tapi sayang, tendangan dari Zahra Muzdalifah masih terlalu lemah dan mampu ditangkap kiper Mackenzie Arnold.

Justru Australia kembali membobol gawang Indonesia di menit 14. Kali ini, Caitlin Foord yang mencatatkan namanya di papan skor.

Di menit 17, Matildas kembali menjebol gawang Indonesia lewat Mary Fowler. Australia menambah gol menjadi 5-0 di menit 24, lewat Hayley Raso. Di menit 26, Sam Kerr menorehkan hattrick lewat titik penalti. Skor berubah menjadi 7-0 di menit 34.

Tendangan Ellie Carpenter mengoyak gawang Indonesia. Disusul gol keempat Sam Kerr di menit 36. Indonesia harus tertinggal 0-9 di jeda babak pertama. Emily van Egmond mencetak gol lewat titik penalti di menit 39.

Memasuki babak kedua Australia langsung menambah gol pada awal babak kedua lewat tendangan spektakuler bek Ellie Carpenter dari jarak jauh pada menit ke-49. Pada menit ke-54 Samantha Kerr mencetak gol kelima dalam laga itu, setelah mendapatkan umpan Tameka Yallop.

Samantha Kerr menjadi aktor gol ke-12 The Matilas yang dilesakkan Emily van Egmond pada menit ke-57. Umpan sundulan Kerr disambut sundulan Van Egmond. Van Egmond mencetak hattrick lewat gol pada menit ke-58 setelah memanfaatkan assist Yallop.

Giliran striker pengganti Kyah Simon ikut mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-67 hasil umpan Carpenter. Van Egmond mencetak quattrick pada menit ke-69 yang membuat Australia unggul 15-0 hasil umpan terobosan Clare Wheeler.

Lewat umpan terobosan itu juga Kyah Simon mencetak gol kedua pada laga ini di menit ke-71 berkat assist bek Courtney Nevin. Pemain belakang Aivi Luik membawa Australia kian menjauh dengan keunggulan 17-0 pada menit ke-78.

Gol Luik itu tercipta usai menerima assist Kyah Simon. Hayley Raso mencetak gol pada menit ke-88 menjelang bubaran, setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia.

Raso membobol gawang Nurhalimah setelah menerima umpan Van Egmond. Australia menang telak 18-0 atas Indonesia. (wur/rmid/zul)

Sumber: