Pendopo Bumiayu Diresmikan Bupati Idza

Pendopo Bumiayu Diresmikan Bupati Idza

Pendopo Bumiayu, Kamis (20/1) diresmikan Bupati Brebes Idza Priyanti. Peresmian pendopo tersebut menjadi kado terindah untuk masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes.

Diresmikannya Pendopo Bumiayu ini diharapkan masyarakat bisa mendapatkan manfaat untuk berbagai kegiatan yang positif terutama bagi warga masyarakat Brebes wilayah Selatan. Namun, Pendopo Bumiayu belum diberi nama karena masih menunggu masukan dari berbagai pihak sehingga penandatanganan prasasti masih dikosongkan, nama pendoponya. 

“Alhamdulilah Pendopo Bumiayu hari ini sudah diresmikan, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah dapat nama pendoponya,” ungkapnya.

Dalam peresmian itu, Idza mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Pendopo Bumiayu dalam kegiatan yang positif. Namun harus sama-sama merawat, sehingga nilai manfaatnya bisa lebih awet. Karena pada hakikatnya Pendopo Bumiayu untuk mempermudah pelayanan masyarakat di Wilayah Selatan Brebes. 

Sementara itu, Kepala DPU Brebes Sutaryono mengatakan, pendopo tersebut dibangun di atas lahan seluas 4.920 meter persegi dengan luas bangunan 1.290 meter persegi menelan anggaran mencapai Rp10 miliar dari APBD Kabupaten Brebes. Waktu pelaksanaan 158 hari kalender, mulai 22 Juni - 31 Desember 2021. 

Ada berbagai fasilitas Pendopo Bumiayu diantaranya gedung 2 lantai untuk hall berkapasitas 150-200 orang dan  8 kamar penginapan. Untuk bangunan pendopo berkapasitas 200-250, rumah dinas bupati, mushola, perpustakaan, pos satpam, toilet umum, taman dan perpustakaan. Juga  ada lapangan tenis, dan rehab ringan mall pelayanan.

Taryono mengatakan, masih ada penambahan pekerjaan lainnya yakni pagar dan halaman dengan luas 2.200 meter persegi, penerangan, pengecatan, taman, ruang terbuka hijau, kemudian drainase. (ded/ima)

Sumber: