Disdukcapil Kota Tegal Jemput Bola Rekam KTP Elektronik di Sekolah-sekolah

Disdukcapil Kota Tegal Jemput Bola Rekam KTP Elektronik di Sekolah-sekolah

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal melakukan jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di sekolah-sekolah. Ini dilakukan untuk menyasar siswa dan siswi yang sudah berusia 17 tahun. 

Kepala Disdukcapil Kota Tegal Basuki mengatakan perekaman dilakukan secara bergilir di seluruh satuan pendidikan jenjang SMA/SMK negeri maupun swasta. Selain siswa yang akan dan telah berusia 17 tahun, Disdukcapil juga menyasar siswa yang belum memiliki KTP el. 

"Kegiatan dilaksanakan mulai 10 Januari hingga 7 Maret nanti," kata Basuki. 

Basuki menjelaskan Disdukcapil memilih perekaman KTP el dengan sistem jemput bola, agar anak-anak bisa langsung mendapatkan KTP el. Selain itu, juga agar target capaian perekaman dan kepemilikan KTP el dapat berjalan dengan maksimal. 

"Selain masyarakat umum, kita juga melakukan perekaman KTP el untuk yang berkebutuhan khusus," ujar Basuki. 

Basuki menegaskan Disdukcapil akan terus bergerak untuk merekam data masyarakat lanjut usia (lansia), orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), maupun disabilitas. Bahkan, untuk bisa mencapai titik terpencil, pihaknya mengerahkan kendaraan khusus berupa motor keliling (morling, Red.). (muj/zul)

Sumber: