Kurangi Angka Kecelakaan dan Semrawutnya Lalu Lintas, Kabupaten Tegal Butuh Tiga Flyover Lagi

Kurangi Angka Kecelakaan dan Semrawutnya Lalu Lintas, Kabupaten Tegal Butuh Tiga Flyover Lagi

Kabupaten Tegal membutuhkan tiga flyover atau jalan layang lagi untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan mencegah kemacetan. Penegasan itu diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Tegal, KRT Sugono Adinagoro, Senin (10/1).

Ketiganya antara lain di Underpass Kereta Api di Desa Prupuk Utara Kecamatan Margasari, Pertigaan Banjaran di Kecamatan Adiwerna, dan di Bukit Clirit hingga Bukit Siwuni yang berakhir di Lapangan Karangjambu.

"Ketiga titik ini harus segera dibangun flyover supaya lalu lintas di tiga ruas itu lancar, aman dan nyaman," katanya. 

Underpass di Desa Prupuk Utara, tambah KRT Sugono Adinagoro, karena kerap terendam banjir saat musim hujan. Dampaknya, underpass yang berada di Jalur Nasional Tegal-Purwokerto itu sering menimbulkan kemacetan parah dan lama. 

"Underpass Prupuk hampir tiap musim hujan kebanjiran, imbasnya kendaraan menumpuk. Solusi untuk mengatasi itu, yakni dibangun flyover,” tambahnya.

Sekda Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono mengatakan sejauh ini Pemkab Tegal sudah merencanakan pembangunan flyover di sekitar Pertigaan Banjaran. Saat ini, pihaknya sedang melakukan study kelayakan.

"Tinggal menunggu waktu saja. Semoga di pusat tidak ada refocusing, sehingga proyek pembuatan flyover bisa terlaksana," jawab Sekda. (guh/zul)

Sumber: