Capaian Vaksin di Kabupaten Tegal Sangat Rendah, Ini yang Dilakukan Wagub

Capaian Vaksin di Kabupaten Tegal Sangat Rendah, Ini yang Dilakukan Wagub

Capaian vaksinasi di Kabupaten Tegal sangat rendah dibanding daerah lain di Jawa Tengah. Saat ini, capaian vaksin baru 62 persen, sehingga harus digenjot supaya memenuhi target.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengatakan, dirinya berkunjung ke Kecamatan Bojong karena capaian vaksinasi di Kabupaten Tegal masih sangat rendah dibandingkan dengan daerah lainnya di Jawa Tengah. 

Tidak hanya itu, orang nomor dua di Jawa Tengah ini juga turun ke jalan di wilayah Kecamatan Bojong untuk mengajak masyarakat melakukan vaksinasi. 

"Hasil dari kunjungan akhirnya saya mengetahui kenapa capaian vaksinasi di Kabupaten Tegal sangat rendah, yakni sekitar 62 persen," katanya. 

Dari sejumlah warga yang ditemuinya, tambah Taj Yasin, tidak sedikit yang mengaku belum mengikuti vaksinasi dosis pertama maupun kedua. 

Alasannya karena takut, khawatir terjadi efek negatif hingga alasan tidak ada waktu untuk mendatangi tempat vaksin karena kesibukan berdagang. 

"Warga yang belum vaksin, langsung saya ajak agar mau segera divaksin. Dan saya juga minta pemerintah desa mendata dan mengantarkan warganya vaksin," tambahnya. 

Aksi turun ke jalan dilakukan dirinya, untuk menggugah kesadaran dan kemauan warga mengikuti vaksinasi Covid-19. 

Apalagi dirinya sudah banyak mendapat masukan, jika keengganan warga mengikuti vaksinasi salah satunya karena pengaruh dari tokoh masyarakat yang menentang vaksinasi Covid-19, sehingga capaian vaksin sangat rendah. 

Makanya sebelum ke Bojong, dirinya sowan ke Kyai Ahmad dan beberapa tokoh masyarakat lainnya. Mereka menyatakan vaksinasi tetap dilaksanakan. 

Beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ditemuinya menyatakan vaksinasi tetap dilaksanakan dengan catatan, dokter yang melakukan vaksinasi adalah dokter yang sudah dikenal masyarakat dan dipercaya. 

"Makanya tadi saya tanya, dokter yang dikenal siapa dan yang dipercaya siapa, sampaikan ke saya, biar nanti kita distribusikan," ucapnya. 

Usai menemui warga dan sejumlah pedagang kaki lima, putra dari pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Almarhum Kyai Haji Maimun Zubair juga menggelar pertemuan dengan para kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kantor Kecamatan Bojong. 

"Tadi ada tiga desa yang capaian vaksinasinya masih rendah, yakni Desa Cikura, Kajenengan dan Muncang Luwuk," ungkapnya.

Sumber: